Sunday, April 23, 2017

Ciplukan



Pas nemu ciplukan itu senang tapi, kadang mau di cabut dan dipindah ke tempat lain itu ragu, apalagi kalo udah gede...

cuma takutnya itu ciplukan di babat sama yang punya tanah karena emang ciplukan dianggap gulma...

posted from Bloggeroid

Thursday, February 23, 2017

Sifon ala Peony Cafe



ini bukan lagi bakar bakaran yak, tapi lagi nge brewing Kopi pake metode Sifon...

kebetulan ada Coffee Shop baru di sragen, dan konsepnya lumayan unik dipandu dengan art gallery. Lumayan lah..

Silahkan hubungi aja kalo perlu Foto Wedding dll disini



posted from Bloggeroid

Friday, February 10, 2017

NipponKohi ala Gue



Pas nyari keterangan soal Cold Brewing Coffee nemu artikelnya Peter Giuliano soal es kopi ala Jepang yang diresepkan oleh Hideyaka Hayashi, mbah nya Barista di Jepang.

Intinya sih, rasa kopi tergantung juga cara menyajikannya, paling pas untuk ngeluarin rasa dari biji kopi emang di seduh dengan air panas, dan untuk mengurangi rasa pahit akibat oksidasi dari seduhan kopi adalah mendinginkan kopi sejenak setelah kopi diseduh. Intinya gitu...

Kalo ala gue sih 5 menit setelah di seduh air panas, gelas kopi saya rendam di air dingin, kalo perlu tambahkan juga es di ari rendamannya. kurang puas masukin freezer sebentar... keluarkan dan nikmati...



Soal rasa mirip dengan penyajian menggunakan sifon.. tapi juga tergantung biji kopinya.

Nah kalo ala Gue nih resepnya :
2 sendok makan kopi bubuk
1 sdt gula putih

cara bikin
seduh kopi dengan air mendidih, diamkan 5 menit,
Siapkan tempat untuk merendam, tambahkan air dan es.
Rendam gelas berisi kopi di air, kira kira 10 sd. 15 menit
Masukkan gula kedalam gelas kocok, lalu masukkan kopi kedalam gelas dan kocok.
Saring dan tuang kopi ke gelas... hiasi sedikit biji kopi

Sunday, January 29, 2017

Iqro


Nyari tontonan yang sekaligus jadi tuntunan emang susah ya, apalagi di zaman web 2.0 kek gini..

Ngebatesin anak nonton tivi juga mesti diiringin ama penanaman nilai nilai Islam, kalo ga ya baablas juga. entah dari temen mainnya atau temen sekolahnya.

Belum lagi kalo udah dikasih telpon genggam ribet minta ampun dah.

Mangkanya aye demen ketika Masjid Salman ITB ngeluarin pelem Iqro, ya walaupun aye rada males nontonnya, demi anak tetap dijabanin nonton.

Sesuai perkiraan ane, jalan ceritanya emang untuk anak anak, ringan dah, dibanding pelemnya Joshua itu ya rada mirip lha.. ringannya...

Ceritanya sih soal Aqila yang pengen neropong Pluto buat ngebikin tugas dari Bu Guru Mona, kebetulan opanya Aqila itu Kepala OBservatorium Boscha.

Konflik mulai timbul ketika Opanya ga ngijinin Aqila neropong kecuali udah lancar baca Al Quran. Belum lagi konflik sama si usil Fauzan, dan nasib Boscha yang terancam pembangunan Hotel.

Endingnyaa... tebak sendiri lah

Overall aye suka pilemnya apalagi abis nonton si nomor dua jadi termotivasi membaca Al Qurannya, sama satu poin pentingnya pedulikan kita dengan Boscha?

Itu aja, yang lain mah biasa ajaa... cuma aye kasih jempol akttingnya Mike Lucock..

gitu aja... buat yg punya anak usia SD, pilem ini patut ditonton...

Saturday, January 14, 2017

Lemon Kopi Pagi



Bahan
2 sdm biji kopi siap saji
1 sdt kreamer
kulit lemon secukupnya

Cara Membuat
1. haluskan biji kopi, masukkan ke cangkir besar dan seduh dengan air mendidih.
2. seduh kreamer di gelas terpisah.
3. tuang kreamer di cangkir saji, kemudian tuangkan kopi (jangan lupa disaring) lalu tambahkan 1 potong kulit lemon. sajikan hangat.

Friday, January 13, 2017

Coftail : CrossBow



Bahan
1 takar Biji Kopi yg sudah di sangrai
1 sdm Gula Merah
1/2 jeruk nipis ukuran sedang dipotong dadu.
merica bubuk secukupnya

Pembuatan
1. blender biji kopi,gunakan sedikit air untuk memudahkan proses, cukup sampai biji kopi pecah. kira kira 40 detik.
2. didihkan air, seduh gula merah sampai larut.
3. Pindahkan kopi yg sudah di blender ke gelas dan tambahkan air panas, tutup dan sisihkan.
4. Siapkan gelas saji, masukkan potongan jeruk nipis, tambahkan gula merah cair, tambahkan kopi, terakhir taburkan merica bubuk, sajikan selagi hangat.

Monday, January 9, 2017

Coftail : Brown Night



Iseng bikin Coftail...

Bahan
1 sdm kopi bubuk
1 sdt kreamer
1/2 jeruk nipis sedang
gula merah secukupnya
es secukupnya

Cara Membuat

1. Seduh kopi, kreamer, dan gula merah dalam gelas terpisah dengan air mendidih, tutup gelas kopi, tunggu sampai agak dingin.
2. peras jeruk nipis tanpa merusak kulitnya, kira-kira satu sendok makan air jeruk nipis.
3. siapkan gelas saji, tuangkan gula merah seduh, kemudian tuangkan kreamer, lalu kemudian tuangkan kopi sampai 2/3 gelas.
4. tuangkan air jeruk nipis, lalu sedikit di aduk.tambahkan es secukupnya.
5. sajikan selagi es belum mencair.


Saturday, January 7, 2017

Es Kopi



Harus diakui nyari rumah makan yang pas untuk keluarga dan kopinya maknyus itu susah, ibarat nyari rumah yang pas buat di tempati. Apalagi kalo di kota kecil kayak Sragen ini susahnya jadi dobel.

Yang punya kopi enak di Sragen baru ketauan 2 yakni Rumah Kopi sama Omah Wedangan. Tapi ya gitu masak kesini lagi dan lagi.

Itu pun es Kopi nya Rumah Kopi kurang nyamleng, kebanyakan es keknya...

Monday, January 2, 2017

Ngebolang : Komplek Keraton Ratu Boko




Salah satu tujuan wisata yang patut dikunjungi ketika berlibur ke Jogja adalah Kompleks Keraton Ratu Boko. Emang sih ga seterkenal Prambanan atau Malioboro atau Borobudur, tapi Kompleks Keraton Ratu Boko unik.

Letaknya yang di atas bukit jadi asyik buat ngeliat sunset.

Kompleks Keraton Ratu Boko juga agak berbeda dengan Candi Candi yang ditemukan di Sekitar DIY-Surakarta karena hampir tidak ditemukan satu bangunan candi utuh di Kompleks Ratu Boko.

Kebanyakan yang ditemukan adalah fondasi atau lantai batu dan dinding batu. Bangunan yang mempunyai atap hanya dua Gapura dan miniatur Candi di salah satu reruntuhan, sisanya berupa lantai batu dan pagar batu atau dinding batu yang di pahat sebagai dinding atau lantai.

Di Ratu Boko juga ada dua buah gua buatan yang di pahat dari batu di dinding/bukit.

Selain itu, Kompleks Ratu Boko juga minim relief dan Arca, hanya ada satu arca wisnu dan beberapa arca penjaga pintu. Agak aneh emang ya..

Tiket masuknya lumayan juga ya, dewasa 25 rb, anak anak 12 rb, plus parkir 10 rb, tapi sepadan dengan perawatan. Jangan lupa siapin minum dan cemilan karena naik ke kompleksnya lumayan menanjak.