Wednesday, January 29, 2014

Zorin 8 Review






Udah lama ga nyoba nyoba distro linux baru, akhirnya kepincut juga pengen nyoba Zorin yang katanya paling user friendly GUI nya untuk yang mau migrasi dari MS Windows ke Linux. Makanya tak belain donlot 1,6 GB selama 2 harian hehhehe... udah gitu, tinggal bikin liveUSB nya make Linux Live USB. (lagi di Windows ini). udah itu barulah kita cobain dulu nih...

pertama pas nyobain via virtualbox, ternyata ga mau masuk... lha kenapa ini, padahal spek PC hostnya lumanyun kenceng lho...

pas udah nyoba via liveUSB baru ketauan kalo Zorin itu make Compiz sebagai window managernya, ya wajar aja vbox ogah naik.. hehehe...
 
secara umum memang tampilan Zorin 8 emang blink-blink gitu, apalagi untuk yang kebiasa dengan panel dibawah ala MS Windows. Kustomisasi AWN sebagai panel emang cukup jernih dan memikat hati, apalagi kalo dengan GPU yang mumpuni, efek-efek desktop seperti translasi antar aplikasi dari compiz yang emang yahud, ditambah dengan pemilihan theme dan icon standar Zorin 8 yang lembut, bikin makin jatuh hati aja... hehehe...
 
Secara kelengkapan paket yang disertakan untuk ukuran distro linux yang tidak punya repositori yang Full, Zorin OS 8 memang cukup lengkap, dgn 1,6 GB ukuran ISO CD nya, Zorin OS 8 sudah siap untuk digunakan sebagai alternative OS sehari-hari. Lengkap dengan LibreOffice, Google Chrome, pemutar mp3, WINE serta GIMP. Sebagai bonus, Zorin OS 8 Core (yg free edition) juga menyertakan remastersys sebagai bonus.
 
Cuma, kalo dikulik agak dalem dikit, reponya masih mengandalkan reponya Ubuntu.. hehehe... jadi kalo mo make Zorin dan distro turunan yang ga punya repository sendiri, atau reponya cuma sedikit itu mesti ati ati kalo mau ngerubah reponya (mirrornya) ga bisa sembarangan upgrade, tau-tau berubah aja jadi distro induknya :D.

oke... segitu dulu... ya...masalah performance dll nunggu dulu repiunya ya ... see ya

next read :
http://zorin-os.com/tour.html


Monday, January 27, 2014

Pelajaran dari Matinya PearOS

Goodbye

Salah satu distro Linux yang cukup inovatif dan kontroversial tutup tirai alias mati.(Kalo kata developernya -david tavares, proyeknya dibeli oleh perusahaan gede). Untung saja, saya cuma sesekali nyobain antar muka nya PearOS yang emang lumayan asyik itu.Tetapi, saya emang kurang sreg sama pengembang PearOS yang tidak menyediakan kode sumber dari proyeknya, padahal itu basisnya kan semuanya kebanyakan lisensinya GPL yang artinya mesti menyediakan kode sumbernya secara bebas.

Nah, sebenarnya ini adalah salah satu pelajaran berharga bagi aktivis open source secara umum dan GNU/Linux khususnya, pilih-pilih proyek mana yang mau bergabung dan sangat khusus untuk pengguna distro gnu/linux, pilih-pilih distro yang akan anda gunakan sebagai pilihan OS sehari-hari anda. Jangan pilih model PearOS ini, yang tiba-tiba menghilang tanpa ada juntrungannya.

Matinya Pear OS ini juga mengingatkan saya akan GarudaOS yang mengklaim sebagai OS buatan Anak Bangsa, meskipun dalam kenyataannya hanyalah remastering dari PCLinuxOS Fullmonty Edition. 

Untuk menghindari kasus seperti ini, sebagai pengguna akhir linux, hati-hatilah ketika memilih distro linux, pilihlah distro Gnu/Linux yang basis pengembangannya tidak personal, tetapi ada badan hukum yang kuat, pilih lah Distro Gnu/Linux yang punya repositori sendiri, jangan hanya sekedar remastering saja, pilihlah distro yang penggunanya banyak, dan yang terakhir pilihlah Debian sebagai pilihan terakhir anda ... :nah lho...

next read :
gambar juga dari itworld

Sunday, January 26, 2014

Al Quran QS Al Isra :70 dan QS Annisa :28


QS Al Isra:70
Annisa:28

Salah satu yang sering dikritik oleh kritikus dari Al Quran adalah Al Quran itu antar ayatnya saling bertentangan, tidak konsisten, dan bertentangan dengan ilmu pengetahuan. Dan kritikus barat sangat banyak yang menyerang dengan tiga kategori itu, sampai ada yang membuat situs khusus untuk mengumpulkan yang kata nya ayat-ayat yang saling bertentangan tersebut. Akan tetapi, kalo dibaca argumennya, ketahuan kalo yang mengkritik itu ga pernah belajar Al Quran, dan kaidah-kaidah bagaimana menafsirkan Al Quran. 

Kalo dibaca terjemahannya ayat per ayat memang akan terasa adanya kontradiksi antar ayat Al Quran. Sebagai contoh, 2 ayat yang saya tampilkan diatas, kalo dibaca satu-satu tanpa bantuan Tafsir (al Hadist, Tafsir, dan penjelasan alim ulama) akan sangat mungkin yang membacanya bingung. Berikut ini terjemahannya dalam bahasa Indonesia dan dua versi terjemah berbahasa Inggris

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.(Al Isra:70)

Allah hendak memberikan keringanan kepadamu,dan manusia dijadikan bersifat lemah. (Annisa :28)

Sahih International
And We have certainly honored the children of Adam and carried them on the land and sea and provided for them of the good things and preferred them over much of what We have created, with [definite] preference.( Al Isra:70)
Pickthall
Verily we have honoured the Children of Adam. We carry them on the land and the sea, and have made provision of good things for them, and have preferred them above many of those whom We created with a marked preferment.(Al Isra:70)

Sahih International
And Allah wants to lighten for you [your difficulties]; and mankind was created weak. (Annisa :28)
Pickthall
Allah would make the burden light for you, for man was created weak.
(Annisa:28)

Di ayat pertama (Al Isra:70) Allah SWT mengatakan bahwa manusia itu diciptakan sempurna, sesempurnanya makhluk yang telah diciptakan, sedangkan di ayat kedua (Annisa :28) dikatakan bahwa Manusia itu diciptakan lemah.Bagaimana mungkin makhluk yang dikatakan diciptakan sempurna dan ditinggikan derajatnya bahkan diatas malaikat itu diciptakan lemah? Kontradiktif tidak? Kalo hanya dibaca hanya terjemahannya memang terasa bertentangan, disinilah pentingnya tafsir dari orang yang alim dan mengerti Al Quran.

Menurut Ustadz Muhammad Affandi (Sragen) sebenarnya ada pesan lain dari Allah SWT atas dua ayat ini, yaitu manusia itu tidak boleh sombong. Mentang-mentang paling sempurna, ditinggikan derajatnya, diberikan akal fikiran, kemudian lupa akan tujuan penciptaan manusia oleh Allah SWT. Oleh karena itu, diingatkan oleh Allah dengan ayat ke 28 Annisa :

Sesungguhnya manusia itu diciptakan lemah, makanya jangan sekali kali sombong. Kalo, masih mengucurkan darah jika tanganmu terluka oleh pisau, jangan sekali-kali manusia itu sombong.

Maha benar Allah dengan Segala Firmannya...

next read :
  • http://quran.com/4/28
  • http://www.qtafsir.com/index.php?option=com_content&task=view&id=2802&Itemid=72

 

 

Thursday, January 23, 2014

Resensi : A World Without Islam


Apa jadinya dunia tanpa Islam? Lebih damai kah? Atau kah tetap saja dunia mengalami gejolak peperangan dan ketidakstabilan geopolitik seperti sekarang?Kira-kira begitu titik tolak Graham E. Fuller menulis buku berjudul  World Without Islam. Dalam pembukaan bukunya, Graham Fuller menulis :
" This book will argue the case from opposite directions. If there had never been an Islam, if a Prophet Muhammad had never emerged from the desert of Arabia, if there had been no saga of the spread of Islam across vast parts of Middle East, Asia, and Africa, wouldn't the relationship between the West and the Middle East today be entirely different? No, I argue, it might actually be quite similar to what we see today"
Kasarnya, Graham Fuller, berpendapat, jika pun Islam tidk pernah ada, dunia khususnya hubungan Barat (Amerika) dan Timur Tengah akan tetap seperti yang kita lihat saat ini. Dengan ideologi lain(entah itu arabisme atau marhanisme), yang menjadi sparring partner kebudayaan barat dalam memperebutkan hegemoni sebagai kebudayaan mutakhir di dunia ini.

Bukunya pak Fuller ini memang lumayan memberikan pencerahan buat para pembaca di amrik sono, yang taunya Islam itu identik dengan Teroris, Jihad, tukang bunuh dll, karena pak fuller memberikan gambaran bahwasanya, apa yang terjadi saat ini(kaitannya dengan hubungan Barat (amrik) dan Muslim) itu cuma ekses negatif dari standar ganda yang dilakukan oleh pemerintahan Amerika di tanah muslim.

Pak Fuller bercerita dalam buku ini dalam 3 bagian besar, mengikuti cara berceritanya Alvin Toffler dalam The Third Wave, yakni :
1. Heresy and Power, dalam bagian ini Fuller bercerita tentang persamaan dan perbedaan antara Islam, Kristen, dan Yahudi. Pergulatan diantara ketiganya, sampai dengan peperangan yang melibatkan Islam dan Kristen dalam Perang Salib. Di singgung juga persamaan hubungan antara Islam vs Katholik, dengan Katholik vs Protestan.
2. Meeting at The Civilizational Borders of Islam, bercerita tentang interaksi antara Islam dan kebudayaan selain Islam non Barat, khususnya Islam dan Rusia, Islam dan China, serta Islam dan India.
3. The Place of Islam in the Modern World, bercerita tentang Islam di zaman terkini, seputar kolonialisme barat,  nasionalisme, jihad, Terorisme, kebijakan Amerika di dunia Islam, dan di tutup dengan pendapat pak Fuller gimana mengurangi rasa permusuhan antara barat (amerika serikat) dan islam.

Nah, dalam pendapatnya ini, pak Fuller menekankan pentingnya amerika menghilangkan standar ganda yang selama ini dianut dalam membina hubungan dengan dunia muslim, penarikan tentara amerika dari tanah air muslim, penghentian kolonialisme Israel di tanah Palestina, dan biarkan muslim menyelesaikan masalah nya sendiri di tanahnya sendiri.

Diluar ketidakakuratan kecil dibeberapa bagian, serta mengutip pendapat pemikir Islam yang dikenal liberal, buku ini memang cukup memberikan cara pandang yang berbeda dalam melihat hubungan antara kebudayaan Barat (Judeo-Christianity ) yang diwakili oleh Amerika Serikat denga Islam.

Next Read :
gambar dari goodreads

Saturday, January 18, 2014

Percobaan Posting

Blogger apps di android kuwi rada nyebelin ya, potinganya ga bisa diatur biar legit gitu. Apa saya yang gaptek ga bisa mainan html ya.

Ya sudahlah... nyobain blog client selain blogger.

Thursday, January 16, 2014

Kemoterapi Siklus ke 5 yang Spesial

Fathi berkreasi dengan efek Webcam

Kemoterapi siklus ke 5 ini rada spesial, karena memang jadwalnya di Januari 2014, yang merupakan awal dimulainya penerapan JKN dan perubahan penjamin dari PT Askes menjadi BPJS Kesehatan. Tau kan, kalo namanya perubahan sistem itu awalnya pasti tidak mengenakkan bagi penggunanya, maupun stakeholder yang dilayani menggunakan sistem yang baru ini. Tidak terkecuali juga dengan sistem baru pola penjamninan JKN yang namanya INA CBS itu.. pasti awal-awal penggunaan sistem baru itu cukup merepotkan. Nah, khusus untuk kemoterapi, pasien mesti membayar dulu semua biaya perawatan, baru nanti di klaim ke BPJS. 

Lebih luas lagi, tahun 2014 itu memang lumayan spesial, per tanggal 2 Januari Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara mulai di uji coba di dua KPPN yakni KPPN Jakarta II dan KPPN Khusus Pinjaman dan Hibah, serta Kantor Pusat DJPBN, DJPU, dan DJPK. Saya tidak dapat banyak membantu karena memang sudah di mutasi ke KPPN Sragen agar dapat fokus dalam terapinya Fathi.

Yang lain adalah, pada terapi kali ini, Fathi sepertinya mulai terlihat bosan, selama di rumah sakit sejak Rabu, 15 Januari 2014 juga mulai susah makan. Kemungkinan susah makannya karena memang konsumsi prednisone nya hanya ketika jadwal kemoterapi selama 5 hari. Tidak seperti 4 siklus sebelumnya yang nafsu makannya tinggi akibat efek samping prednisone, kali ini sepertinya anaknya ogah ogahan kalo liat makanan. Memang sih, kemoterapi itu lumayan menjemukan, mesti bolak balik rumah sakit, harus menjaga kondisi.Nah, kalau anak anak jni yg rada susah, karena namanya anak anak kan maunya main saja.Begitu juga dengan Fathi, kalo di rumah ya sudah, becanda sama adiknya itu kayak ga sakit aja. Padahal kalo kecapean juga nakutin kalo sampe panas itu lho.


Kalo program kemonya sih tetap seperti biasanya. Biasnya sih sekali kemoterapi, dijadwalakan 5  hari, hari pertama biasanya di periksa dokter Riza di Cendana, terus diresepin ini itu termasuk vincristine  yang di suntik via infus sama cek darah rutin plus SGOT dan SGPT. Kalo udah tinggal nunggu kamar. Ini yang kadang-kadang bikin keki kalo ga pesen kamar sebelumnya, apalagi kalo yang VIP, lebih susah dibandingkan nyari kamar hotel.

Hari Kedua kemoterapi itu yang paling bikin nangis, biasanya itu saat MTX disuntikkan ke sumsum tulang belakangnya. Prosedurnya lumayan ribet, jadi biasanya dokter Riza sendiri yang melakukannya, dibantu satu perawat dan satu dokter yang jadi asistennya dokter Riza untuk memegang Fathi agar tidak berontak.

Sebelum di suntik intratetal (ke sumsum tulang belakan), Fathi di tidurkan dulu dengan suntikan obat lewat infusnya (Intravena), baru satu sampai 2 menit kemudian fathi mulai tidur. Kalo sudah begitu, barulah Fathi dimiringkan tidurnya, kaki dan kepalanya agak ditekuk, terus punggunggnya dibersihkan dengan kasa antiseptik, kemudian diberikan betadin. Kalo sudah, MTX disiapkan dulu, terus disiapkan juga beberapa suntikan. Pertama kali yang di tusukkan ke sumsum itu suntikan kosong, setelah masuk, cairan sumsum nya dikeluarkan sedikit, ditampung di sepet (suntikan yang lain) setelah itu barulah suntikan berisi MTX di lepas jarumnya dan di tempatkan di jarum suntik yang ada di punggung fathi. Barulah MTX disuntikkan. Nah, pas mulai di bersihka sampai selesai disuntik MTX Fathi mesti di pegang agar posisi nya tidak berubah.

Hari, ketiga dan ke empat barulah siklofosfamid dan doksorubicin. Bentuknya sudah oplosan obat gitu, kalo siklo dioplos dengan Mesna. Kalo Dokso itu bentuk awalnya bubuk, kalau ada kemoterapi, barulah di oplos jadi satu tabung infus ukuran 500 ml.

Setelah Doxorubicin, biasanya istirahat sehari, baru keesokan harinya kalau tidak ada efek samping seperti muntah, mencret, atau panas diperbolehkan pulang. Jadi, pas satu minggu untuk kemoterapinya, dan istirahat 2 minggu di rumah sebelum proses kemo selanjutnya...melelahkan memang.

Rooting Lenovo S880 with bin4ry Script on Sabayon


 Tampilan skrip buatan Bin4ry

Lenovo S880 itu termasuk salah satu ponsel android yang rewel banget (pengalaman sya), mulai dari tombol power yang susah banget buat ngidupin, kaca yang rentan, sampe OS yang kadang2 suka eror sendiri (ini gegara di oprek Fathi dan Faiha). Alhasil sudah berkali-kali itu handheld tak Flashing ulang. 

Nah, jeleknya flashing pake stock ROM alias firmware resmi itu ya dapetnya android yang belum di root. Android ga di root itu kayak beli sepeda motor tapi cuman boleh di pake tok, ga boleh di modifikasi. Nah, kalo yang hobi modif kan repot jadinya.

So, langkah pertama yang kudu diambil adalah melakukan rooting ke si Lek Novo ini, biasanya sih pakenya software yang jalan cuma di Windows semacam Zhuo Da Shi atau TPsparky. Nah, kebetulan saya lagi ga make MS Windows, cuma adanya Sabayon Linux, ya sudah nyoba nyari tutorial di internet. Dan ternyata ada sih skrip buatan bina4ry, meskipun ini skrip bukan spesifik buat Lenovo, tetapi ga ada salahnya juga saya coba.

Setelah skripnya di donlot dan di unzip, maka siaplah untuk untuk nyoba nge root si Lenovo S880 ini.Kira-kira begini nih caranya :
1. Pasang Lenovonya ke PC/laptop dengan opsi debug nya aktif.
2. setelah di unzip, masuk ke foldernya lewat terminal pake cd, terus kasih permission 755 di berkas RunMe.sh dan folder stuff.
chmod 755 ./RunMe.sh
chmod -R 755 ./stuff
terus jalanin skripnya sh ./RunMe.sh

3. terus ikutin petunjuknya, pas diminta milih mode, pilih aja normal mode alias no 1. terus tunggu sampe ada keterangan untuk backup. sudah itu Lenovo akan reboot. kalo bisa mati, tpi ga mau reboot, hidupin dulu. setelah itu akan reboot lagi. selesai.... HP Lenovo anda udah di root

4. Tanda HP ente udah ke root, apalagi kalo bukan ada aplikasi superuser nongol di hape ente. tinggal mau di apain jga boleh kok...:D

5. selamat mencoba... oh ya silahkan donlot di hexmob skripnya.

Next Read :



Wednesday, January 15, 2014

Fathi Panas dan INA CBGs


Apa hubungannya hayo, antara Fathi yang demam berat sama INA CBG? Hayo pada bingung kan?? hehe... Sebenarnya ceritanya dimulai dengan disahkannya dua Undang-Undang yakni UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Jaminan Kesehatan Nasional, dan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Nah, singkat kata, mulai 1 Januari 2014 itu, saat dimulainya program JKN yang penyelenggaranya  itu BPJS. PT Askes, merupakan salah satu BUMN yang menjadi BPJS Kesehatan. Nah, pola penjaminan oleh BPJS Kesehatan (eks PT Askes) itulah yang disebut INA CBG alias Indonesian Case Base Groups.

Nah, karena minggu kemarin itu Fathi demam tinggi (diatas 38 C) akhirnya oleh dr. Riza disarankan mondok lagi di RSDM. Nah, karena pas masuk itu tanggal 7 Januari 2014, tentunya PT Askes sudah berubah menjadi BPJS Kesehatan, alhamdulillah RSDM termasuk RS yang sudah siap melayani JKN (BPJS Kesehatan), pola penjaminan oleh PT Askes selama ini yang memisahkan paket layanan rumah sakit, serta Obat juga berubah menggunakan INA CBG. Awalnya juga sempat khawatir sih dengan sistem baru yang baru jalan seminggu.

Lalu, INA CBG itu apaan sih? secara gampang nya sih, BPJS Kesehatan itu menjamin pesertanya yang sakit itu per paket berdasarkan diagnosis dan terapi yang diterima sampai pesertanya keluar rumah sakit. Sedikit Berbeda dengan pola penjaminan PT Askes yang membagi penjaminan antara pelayanan kesehatan dengan obat.Dengan INA CBG, diagnosis awal dan terapi yang akan dilakukan itu menjadi dasar besarnya jaminan oleh BPJS, akan tetapi besarnya jaminan ini tetap, alias ada batas tarifnya, sebagai contoh ketika Fathi panas kemarin itu, diagnosis awalnya adalah NHL dan terapinya yang diterima sepertinya digolongkan sebgai demam berat, maka tarif yang sekaligus batas atas jaminannya adalah sekitar 5 jt-an rupiah. Angka 5 jt rupiah inilah yang menjadi batas atas yang dijamin BPJS.

Sedangkan tarif RSDM pada dasarnya ditentukan melalui peraturan gubernur Jateng yang tetap mengenakan biaya per layanan. Nah, kalo plafonnya habis, maka kelebihannya itulah yang harus ditanggung oleh Pasien. Sebagai contoh; Fathi kemarin itu 3 hari di RS, total biayanya sekitar 2 jt an rupiah, sedangkan yang dijamin BPJS sebesar 5 jtan rupiah. Saya ga nombok, karena memang masih dibawah plafon, cuma kalo seminggu di RS, pengalaman sebelumnya biaya RSnya sekitar 8 jt an, dengan asumsi yang ditanggung itu 5 jt-an, maka saya mesti membayar rp 3 jutaan.

Kasarnya begitu, semakin lama di rumah sakit, semakin besar yang harus dibayar pasien, karena jaminan dari BPJS itu tetap jumlahnya. Artinya, pasien itu ga boleh lama-lama sakit, ini yang dinamakan oleh pemikir INA CBG sebagai Clinical Pathway. Dokter, Pasien, dan Rumah Sakit mesti mikir berapa lama pasien ini dirawat di RS sampe sembuh. Semisal, kalo demam, cukup 3 hari saja, ga perlu lama-lama. dsb.

Tapi, ada satu yang rada pusing dengan Clinical Pathway ini, banyak penyakit yang ga mudah untuk menentukan sembuhnya, apalagi yang harus dirawat di ICU berminggu-minggu, kalo yang masih sanggup jalan, dapat di rujuk balik  (disuruh pulang, terus masuk lagi dengan diagnosis sama), lha yang ga bisa kan biaya yang tidak ditanggung akan sangat besar.

Tapi, mudah-mudahan tarif INA CBGs nya tetap memperhatikan perkembangan dan kesesuaiannya dengan kondisi yang terjadi di lapangan, sehingga dokter ga pusing, pasien juga ga pusing, rumah sakit lebih gampang mengalokasikan tarif.

untuk rujukan bacaan silahkan datangi saja website berikut ini :
oke semoga bermanfaat.

next read:
gambar saya ambil tanpa permisi dari sini 

Thursday, January 2, 2014

Kemoterapi CHOP+MTX pada Anak Saya



Seperti postingan saya sebelumnya tentang NHL, seringkali kita sebagai orangtua menghadapi dilema saat harus menentukan pilihan apakah tetap dengan terapi medis yang sering kali berakhir pada pilihan kemoterapi ataukah dengan mencoba terapi alternatif semisal herbal atau terapi non medis lainnya. karena, yang sering kita dengar adalah kemoterapi itu menakutkan, berbahaya, dan efek sampingnya banyak. Memang benar sih, pada kondisi normal, kemoterapi dengan protokol apapun adalah racun bagi sel tubuh, karena pada dasarnya obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi berfungsi membunuh sel tubuh manusia, tidak peduli itu sel sehat ataupun sel kanker.

Saat di vonis NHL, dan harus menjalani kemoterapi, istri saya juga sempat sms agar ga usah di kemo aja, tetapi, melihat kondisi Fathi yang sudah kepayahan seperti itu, dan pengalaman selama ini pengobatan herbal itu tidak secepat efek obat medis, saya tetap memutuskan untuk menyetujui kemoterapi dengan protokol CHOP+MTX untuk mengobati NHL yang diderita Fathi. Bukan keputusan yang mudah, bahkan sangat sulit mengingat efek samping kemo yang menakutkan, dan panjangnya tahapan kemoterapi yang harus dijalani anak saya.

Alasan utama saya memilih kemoterapi adalah kondisi Fathi yang sudah sangat parah, sudah susah makan, susah minum obat, badannya persis anak yang menderita busung lapar (badannya kecil, tapi perutnya bengkak), nafasnya yang sudah sangat cepat, serta demam yang tidak turun-turun. Alasan lainnya adalah Fathi yang trauma dengan segala jenis pengobatan dan tiidak mau minum obat. 

Pernah juga sebelum Fathi masuk rumah sakit, saya bawa ke pengobatan alternatif di solo juga, metodenya pake gurah, herbal, dan sauna. Tapi, saya tidak sreg, karena yang meriksa anak saya itu ga bisa membedakan antara neuroblastoma dan nefroblastoma (saat itu fathi masih di diagnosis neuroblastoma). Bagaimana mungkin saya melepaskan pengobatan anak saya kepada orang yang bahkan ga ngerti perbedaan antara penyakit. Selain itu, metode pengobatannya itu, saya kok tidak yakin Fathi mau dan sanggup menjalaninya, apalagi mesti minum ramuan jamunya, padahal waktu itu minum satu kapsul herbal saja Fathi itu susahnya minta ampun.

Jadi, alasan lainnya saya memilih pengobatan medis sebagai terapi utama adalah pengetahuan pelakunya yang lebih baik dan spesifik, karena memang mereka belajar di bidang itu. Bahkan untuk dokter spesialis anak saja ada beberapa sub spesialisasinya, seperti dr Muhammad Riza SpA yang mengambil kekhususan Hematologi. Alasan ini yang akhirnya juga membuat saya menyetujui kemoterapi untuk Fathi.

Memang sih, efek kemoterapi NHL dengan protokol CHOP + MTX itu sangat dahsyat. Dan itu terjadi ketika kemoterapi siklus pertama, dalam kondisi tubuh yang menurun dan kurang gizi, terus di kemo. Semua efek kemoterapi itu dialami Fathi. Mulai dari muntah, mencret,rontok,sampai yang terparah adalah demam Neutropenia.

 Protokol kemo CHOP + MTX itu sebenarnya singkatan dari obat yang digunakan dalam terapinya yakni :
  • Cyclophospamide (C)
  • Hydroxy Doxorubicin (H)
  • Oncovin (vincristine) (O)
  • Prednisone atau Prednisolone (P)
  • plus Methotrexate (MTX)
Nah, tiap obat itu punya cara kerja dan efek samping masing-masing, tetapi seca umum protokol ini membunuh sel kanker, dan akumulasi efek sampingnya adalah penurunan jumlah sel darah putih yang dapat menyebabkan neutropenia. Neutropenia itu sebenarnya kekurangan sel darah putih, lebih spesifik lagi netrofil, yang mengakibatkan infeksi itu sangat gampang terjadi. Neutropenia termasuk kategori gawat darurat, sehingga harus ditangani secepatnya di rumah sakit.

Salah satu efek samping yang berbahaya adalah pendarahan lambung yang ditandai dengan berak berwarna hitam dan berbau darah, serta muntah bercampur darah hitam. Ini sebenarnya efek samping dari doxorubicin tetapi jika ini terjadi, harus segera ditangani oleh dokter di rumah sakit. Takutnya menyebabkan shock dan membahayakan jiwa. Apalagi jika terjadi kombinasi dengan neutropenia, seperti yang di alami oleh Fathi. Karena, pendarahan dan neutropenia ini, Fathi sempat dirawat di ruang PICU (Peristi Intensive Care Unit) RSDM selama seminggu. Sempat turun drastis trombositnya tinggal 75 rb sehingga harus di transfusi 3 kantong trombosit (Thrombocyte Consentrate). Setelah di tranfusi, barulah pendarahan lambungnya berhenti. Demamnya juga baru turun setelah di kasih antibiotik kelas floroquinolone (ciprofloxacin). Antibiotik kelas floroquinolone ini juga sangat berbahaya sebenarnya. Tidak akan diberikan kalo ga perlu.

Efek lainnya adalah rambut yang rontok. Fathi rambutnya rontok selama dua minggu sejak kemo pertama.efek lainnya adalah bibir kering, sariawan, sama katanya mulutnya terasa pahit. Jadi, ketika di kasih sedikit air saja, dimuntahkan sama Fathi karena pahit dirasakannya.

Efek diatas sebenarnya efek langsung dari kemoterapi, ada efek jangka panjangnya yang menurut beberapa sumber itu cukup menakutkan, dari infertilitas, potensi menyebabkan tumor lain, sampai menyebabkan penyakit jantung.

ah sudah dulu... masih pengen cerita tapi udah ilang mood nya... semoga bermanfaat...