Tuesday, December 27, 2011

3.    FD Approval

. SPGRR00020 (SPGR Perhitungan Denda Keterlambatan Pembayaran) : Due date was 16-Dec-2011

. SPGRR00021 (SPGR Detail Analisis Perhitungan Denda POKOK) : Due date was 16-Dec-2011

. SPGRR00022 (SPGR Laporan Accrual Pendapatan Bunga di Akhir Periode) : Due date was 16-Dec-2011

. SPGRR00024 (SPGR Mutasi Piutang Lancar) : Due date was 23-Dec-2011

. SPGRR00025 (SPGR Realisasi Penerimaan Tagihan) : Due date was 23-Dec-2011

. SPGRR00030 (SPGR Adjust Piutang Dalam Rangka Restrukturisasi) : Due date was 23-Dec-2011

 
 

Saturday, December 17, 2011

lxsplit, hjsplit versi linux

Buat yang hobi donlot so pasti ga asing sama file yang ekstensinya .001 dst.. yang dhasilkan oleh hjsplit. gunanya sih buat mudahin pas upload. nah di linux juga ada kok hjsplit, namanya lxsplit fungsinya sama yakni buat ngesplit file gede jadi kecil-kecil, atau ngegabungin hasil split tan tadi jadi file gedenya. ada juga sih cat yang default di linux, cuma rada susah gitu...


sudah ah... cape... malem semua

Sunday, October 2, 2011

Susahnya Kalo Internet Kena Densus

Begini deh kalo kemakan ikan yang ga bener, katanya dapet 1 GB, ternyata kok ya leletnya minta ampun, terus pas kuotanya abis... ampun dah... mo buka facebook aja ga bisa, mo gimana ini? ya mo gimana lagi.. nunggu gajian dulu baru beli paket yang bener-bener unlimited tapi masih terjangkau di kantong.


Dua SS sebelum ngebuka firefox dan sesudahnya... beda jauh ya???





PS... sorry bukan ikan, tapi iklan.......hehe...


NB : satu lagi postingan ga niat dari saya...

Friday, September 30, 2011

Biarkanlah Ia Kembali

Biarkanlah Ia Kembali


Oleh Sri Sundari


Setiap yang berjiwa akan berjalan menuju ke sebuah titik perhentian. Kalau masa itu telah sampai, semuanya akan tunduk menerima takdir. Masing-masing kita pasti akan memenuhi panggilan-Nya. Tiap-tiap jiwa akan datang memenuhi sesuai dengan garis waktu yang telah ditentukan-Nya.

Kematian bukanlah suatu tragedi. Kematian juga bukan sebuah malapetaka, karena setiap kita pasti akan mengalaminya. Tidak ada yang memilukan dengan kematian jika ia datang di saat kita berserah diri kepada-Nya, dan ingatlah ketika Allah berkenan memanggil kita dengan seruan-Nya yang mesra “Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridha dan diridhai-Nya. Maka, masuklah ke dalam (barisan) hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku” (Al Fajr : 27-30).

Airmata selalu mengiringi ketika kematian menjemput orang-orang yang kita kasihi, bahkan untuk orang-orang yang tidak kita kenal. Yakinlah, tak ada yang salah dengan itu semua karena itulah fitrah manusia, namun tanamkanlah dalam diri. Kalau ada airmata yang jatuh karenanya, biarkanlah itu menghangatkan jiwa kita. Semoga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk kembali menata hidup yang lebih baik. Semoga pula menjadi penyubur bagi keikhlasan dalam mengimani-Nya dengan tulus, beribadah dengan lebih khusyuk dan mampu menyisihkan sebahagian harta kita dengan niat yang lebih jernih.

La Tahzan… Kadang kematian berarti kasih sayang Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dia memanggil jiwa-jiwa yang amat dikasihi-Nya. Dia memutus semua kesempatan kita untuk merusak bumi-Nya dan berbuat dosa. Bahkan, ketika Dia memanggil anak-anak kita, Dia memanggil jiwa yang belum dapat dimintai pertangung-jawaban, belum ada dosa yang dicatatkan, dan tidak ada keburukan yang harus dibebankan. Mereka itulah yang pasti akan menghuni surga. Dan mereka pulalah yang akan menghantarkan kedua orang tuanya ke pintu surga dengan lebih mudah, ketika masa itu tiba.

Thursday, September 29, 2011

The Power of Sed

The Power of Stream editor


Sed alias Stream editor adalah program kecil yang berfungsi untuk melakukan manipulasi terhadap berkas berkas yang kita punya. Sed aslinya dari Unix tapi udah ada juga di Windows kok, ukurannya mini, dan yang paling enak itu sed bisa buat ngedit berkas yang banyak hanya dengan satu perintah.


Mirip banget sama fitur find and replace nya editor macem notepad dkk. cuma ini enaknya bisa dibuatin langsung banyak perintahnya di notepad, semuanya , terus tinggal kopi dan paste ke cmd.. selesai..oke deh...

Sed

sed (Stream editor) enak bener...................

Karcis

Mukaddimah


Ini sekedar cerita cerita seputar karcis-karcis kereta api yang saya punyai, beserta kejadian-kejadian yang menurut saya menarik dan patut untuk saya bagi bersama temen temen selama sehari perjalanan karcis-karcis tersebut.


Karcis No DP0796


Kamis, 29 September 2011


Hari ini kok KRL ekonomi Serpong - Tanahabang kok agak longgar ya?apa posisi saya naik yang agak kedepan?tapi memang sih posisi pintu yang favorit itu ada di dekat tempat pindah antar jalur karena nanti di Stasiun Tanahabang bisa sedekat mungkin dengan tangga untuk naik turun keluar.


Nah, benar kan? pas sampai di Stasiun tujuan, memang posisi saya naik agak jauh dari tangga dan mesti ngikutin ritual harian berdesak-desakan untuk keluar dari stasiun. Biasanya sih saya menyeberangi rel biar bisa nyampe di peron jalur 1 dan jalur 2 yang memang agak jarang dilalui kereta. tapi hari ini Jalur 5 sudah ada KRL Commuter Line Bogor-Jakarta.


Perjalanan keluar dari peron juga agak keganggu oleh sesama penumpang yang membawa barang bawaan cukup banyak, sepertinya sih hasil bumi semacam perdu-perduan, di panggul dan dibawa berdesak-desakan. Sebenarnya ga salah sih?tapi kan sebaiknya menunggu biar agak mereda dulu antriannya. Tapi apa bapak itu seperti saya ya, yang harus berpacu agar dapat angkutan yang cepat sampai lapangan banteng alias omprengan...


betewe ini postingan pertama pake BlogDesk


Jakarta


Sutarman


Kamus :


omprengan = angkutan tidak resmi rute Tanahabang-Lapangan Banteng PP

Wednesday, September 28, 2011

Faiha Kepedesen

Aduh Faiha, Faiha, kamu kok ya ikut ikut ummah mu yang doyan bikin sambel terus rujakan, sambil colak colek kerupuk ke sambel... ya jadinya Faiha nangis kepedesan toh?Faiha terus nangis dan membuang kerupuknya?alhamdulillah masih mau minum air putih dan setelah beberapa waktu tangisannya berhenti.


Waktu ditawari sambel lagi sama ummahnya, Faiha geleng-geleng. ...


hehehe... Faiha Faiha....

Thursday, September 15, 2011

Forum yang hanya untuk yang punya Linux


pernah registrasi di sebuah forum?kalo pernah biasanya kan ditanya security question tuh, entah rechapca, atau pertanyaan sederhana kayak 2-2 hasilnya berapa, atau apa nama hari ini dll. ini mah mudah, yang susah kalo mo registrasi di forum bbsnya archlinux, security questionnya ga nanggung... contohnya kek gini..


What is the output of "date -u +%W$(uname)|sha256sum|sed 's/\W//g'"?

lha jawabannya apa?bingung kan?yang bisa jawab yang punya linux atau cygwin, karena itu harus dipecah jadi dua perintah, yakni


date -u +%W$(uname)

dan echo "hasildari perintah pertama"|sha256sum|sed's/\W//g', misalnya jawabannya kek gini


215c772cdf8deea7be70200ac9bf92d938473697425b4d3d6914aa0428f5ba7e

baru paste hasilnya ke tempat jawabannya... barulah bisa berhasil masuk registrasi. kalo ga ya ga bisa...hehehe...

ampun deh pokoknya....

sumber :




Di posting pake gnome-blog.

Monday, September 12, 2011

www.kernel.org lagi down

ternyata ga kaksus aja yang suka main tenis.. situs linux www.kernel.org juga lagi main tenis nih

Thursday, August 18, 2011

M E L I H A T D U N I A (bagian 3) Izzan, usia 3 - 4 tahun




Oleh : Yanti Herawati


Karena sering menyakiti dan membuat onar di antara teman-temannya, terjadilah sesuatu yang tidak pernah saya duga akan menimpa Izzan. Entah bagaimana, anak-anak kecil berusia 3-5 tahun itu membuat kesepakatan. Kesepakatan mereka adalah membalas perlakuan Izzan terhadap mereka, dengan mengeroyok Izzan beramai-ramai. Sekalipun saya berada di sekolah sebagai “helper” Izzan, kejadian tersebut terlambat saya ketahui. Hanya anak lelaki saja yang mengeroyok Izzan, sekitar 4-6 anak. Izzan sendiri tidak terluka. Namun sempat dia mogok tidak suka berada di kelasnya. Nampaknya ada sedikit perubahan pada Izzan setelah pengeroyokan itu. Korban-korban gigitan dan dorongannya bertambah ke anak-anak di kelas-kelas yang lebih besar.







 Setelah umurnya 3 tahun, ada tempat lain yang biasa Izzan kunjungi di Sekolah Alam. Perpustakaan Sekolah! Entah bagaimana caranya, Izzan mulai tertarik dengan buku-buku bergambar yang ada di sana. Biasanya dia akan menuntut minta diberi tahu gambar-gambar yang ingin diketahui namanya atau kejadiannya. Kalau dibacakan secara menyeluruh masih belum mau. Izzan hanya butuh informasi apa yang ingin diketahuinya. Alhamdulillah kalau saya tidak ada, Ibu Nia, istri kepala sekolah, karyawan perpustakaan atau petugas TU, atau orang tua lain biasa berada di sana. Mereka akan membacakan informasi yang Izzan butuhkan. Biasanya Izzan akan bertanya terus menerus sampai dia puas.

Ketika Izzan berusia 3 tahun 2 bulan, di komplek kami diadakan semacam screening psikologi untuk mengetahui profil psikologis anak-anak di komplek. Dari hasil observasi mereka, dikatakan Izzan memiliki rentang perhatian yang pendek. Gampang terganggu perhatiannya. Sulit mempertahankan posisi atau tidak bisa tenang sedikitpun. Ada kecendrungan hiperaktivitas. Sulit diajak berkomunikasi, dan memahami instruksi secara verbal, juga tidak mau bekerja sama, sulit dan tidak sabar menunggu giliran yang sering membuatnya menjadi agresif, dll.


Namun hasil pemeriksaan ini saya abaikan. Karena saya merasa penilaian atau kesimpulan mereka terlalu cepat dalam mengobservasi Izzan. Saran untuk menindaklanjuti observasi Izzan ke Klinik Indigrow yang disarankan psikolog Nahda dan Dina, juga tidak saya tindaklanjuti. Saat itu, saya melihat apa yang dilakukan Izzan, bukanlah suatu kelainan. Izzan hanya butuh waktu saja untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan. Izzan hanya sedikit berbeda, butuh waktu untuk berkembang, bukan mengalami kelainan.


Sikap saya diatas jelas mendapat kritik banyak orang, termasuk pihak keluarga yang menganggap saya terlalu membiarkan Izzan untuk berbuat semaunya. Sulit bagi saya bisa menjelaskan kepada mereka. Meminta mereka untuk memahami pola tumbuh kembang Izzan yang tidak biasa seperti anak-anak lain. Saya hanya merasa ada “sesuatu”  pada diri Izzan. Sesuatu yang tidak bisa saya jelaskan dengan kata-kata. Bagi saya Izzan seperti “menyimpan energi” yang akan membuat saya tidak bisa membatasi atau banyak melarang perilakunya yang sangat eksploratif. Kontak batin antara saya dengannya begitu kuat. Dunia saya menjadi begitu sempit, karena sedikit yang bisa memahami kami. Dunia saya adalah dunia Izzan. Dan dunia Izzan adalah dunia saya. Saya adalah benteng pertahanan terakhir yang dimiliki Izzan untuk menghadapi dunia. Saya bisa memahami Izzan, namun saya tidak bisa memberi pemahaman itu pada dunia.


Sejak berumur 1 hingga 3 tahun sekarang, rambut Izzan dibiarkan panjang tidak dipotong. Karena Izzan menolak dengan keras untuk dicukur atau dipotong rambutnya. Kami khawatir Izzan yang tidak bisa duduk diam dan tenang sejenak saja akan terluka selama dicukur. Dan saya takut itu terjadi. Suatu saat ketika dia tidak masuk sekolah karena beberapa alasan. Saya terkejut ketika pulang dari sekolah. Izzan sudah berambut pendek! Dipotong berantakan. Siapa yang memotong rambutnya sampai pendek begitu?


 Sambil mengelus dada dan wajah yang bingung, Teh Endah mengatakan. Kalau  Izzan sendiri yang menggunting rambut gondrongnya sampai pendek! Tanpa sempat diketahui oleh si bibik. Saya dekati Izzan yang cengengesan sambil menganggukkan kepala dan berkata.” Aku pakai gunting itu potong rambutnya !” Saya periksa kepala, leher, dan wajahnya. Tidak ada yang terluka sedikitpun. Yah... saat itupun saya tidak bisa memarahinya. Izzan begitu polos dan lucu di mata saya. Bukan anak nakal. Saya bahkan ikut tersenyum simpul membayangkan kelakuannya. Meskipun hati rasa kecut dan getir, mengingat resiko terluka karena gunting yang  bisa mengenai kepala, mata, kuping, leher, jari-jari  dan tangannya.


Untuk memahami karakteristik anak-anak kebutuhan khusus, maka Sekolah Alam mengundang 3 ahli. Salah satunya adalah seorang dokter anak spesialis saraf di Bandung. Seperti biasanya, Izzan akan ikut berada di ruangan tempat kami berkumpul. Kali ini sebenarnya dia tidak berlari-lari, melainkan hanya duduk sambil bermain dengan sobatnya, Hanifah, putri Kepala Sekolah. Mereka membuat kapal-kapalan dan menirukan bunyi pesawat terbang, dengan suara khas anak-anak. Kami yang sudah terbiasa dengan iklim Sekolah Alam, dan mencintai suara anak-anak, sama sekali tidak terusik dengan suara Izzan.


Tidak demikian halnya dengan ibu dokter. Tiba-tiba dia menghentikan ceramahnya dan berkata:” Yang mana ibu anak itu? Saya terganggu dengan suaranya. Mana Ibu anak itu? Sakit kepala saya mendengar suaranya, bawa anak itu keluar dari sini. Saya tidak bisa meneruskan jika anak itu masih di sini!”


Para peserta workshop saling berpandangan, ruangan menjadi hening seketika. Meskipun suara Izzan dan Hanifah masih terdengar. Saya dan Nia Ibunya Hanifah, segera keluar ruangan yang berupa saung 2 lantai dengan membawa anak kami masing-masing. Perasaan saya campur aduk. Saya tidak bisa menerima perlakuan ini! Jiwa saya ingin memberontak! Begitu burukkah Izzan di matanya? Saya ingin membela diri dan menjelaskan kepadanya. Namun, Nia langsung membawa saya turun ke bawah, ke ruangan lain.


Dengan menahan perasaan karena serasa dipermalukan di depan umum, saya mencoba memahami kenyataan yang ada. Dokter itu diundang Sekolah Alam untuk menjadi sumber rujukan dalam memahami anak-anak berkebutuhan khusus di sini. Termasuk Izzan. Nia mampu menenangkan saya dengan baik. Walaupun terus terang saya sebenarnya tidak bisa menerima perlakuan dokter itu.


Akhirnya dilakukan sessi konsultasi khusus antara saya, pihak sekolah dan dokter saraf anak tadi. Beliau mendengar uraian singkat tentang perilaku Izzan dengan seksama. Menurutnya Izzan sudah masuk kategori lampu merah, harus diperiksa lebih lanjut dan ditangani dengan segera. Perilaku Izzan mengindikasikan ada masalah genting yang harus diperiksa secara serius dan seksama. Itu tidak wajar dan membahayakan. Lagi-lagi saya ingkar untuk mengikuti anjuran para ahli. Kali ini peringatan dari dokter ahli saraf anak. Saya tidak membawa Izzan periksa dan berobat kepadanya. Pihak sekolah juga tidak memaksakan saya untuk pergi ke sana. Entah kenapa, saat itu saya begitu bebal untuk mendengarkan saran atau anjuran orang lain.


Ternyata tidak hanya Izzan yang bersikap berbeda dan sangat aktif dari anak-anak lain pada umumnya. Sejak Fadhil bayi, kami selalu berdoa dan berharap bahwa Fadhil tidak akan menjadi seperti Izzan. Namun harapan kami meleset, setelah usia Fadhil satu tahun, dia juga berperilaku hampir seperti Izzan. Mereka menjadi partner dalam menciptakan momok bagi ketenangan lingkungan. Ketika adik perempuan suami menikah, bahkan kedua anak itu diminta oleh mertua, untuk tidak berada selama prosesi acara pernikahan di karanganyar Solo. Sekalipun kami sudah datang dari Bandung. Saya dan suami yang paham akan karekteristik kedua anak itu membawa mereka tetap dipenginapan dan berjalan-jalan keliling kota. Tetapi kami bisa menghadiri pesta pernikahan mereka di Gedung.


Menginjak usia 3 tahun 3 bulan, Izzan sudah mulai bermain secara kelompok dengan teman-temannya. Permainannya antara lain adalah mencabuti pagar sekolah, pagar saung, dan merusak properti sekolah. Batang bambu atau kayu akan diceburkan ke kolam sekolah. Kadang dialirkan ke aliran air berupa kali kecil di halaman sekolah. Atau dijatuhkan dari atas saung secara bersamaan, atau bergantian. Kalau dulu Izzan melakukannya sendirian, kali ini dia mengajak teman-temannya. Maka dinding saung yang tersusun dari potongan bambu itu pun bolong-bolong dibeberapa tempat.


Setelah beberapa hari kegiatan itu terus berlangsung, dan guru pun kesulitan menangani anak-anak itu. Begitu diadakan pemeriksaan semacam investigasi dikelas, ternyata semua anak-anak lelaki menjadi pelaku utama. Dan inisiator atau dalangnya adalah Izzan. Izzan kecilku menjadi pemimpin dalam banyak aksi-aksi yang dipandang sebagai “pengrusakan” dari kaca mata mainstream. Kami selaku dewan kelas biasanya akan bergotong royong iuran untuk mengganti kerusakan yang diakibatkan anak-anak kami. Sebagian besar orang tua hanya tersenyum geli mendengar kelakuan anak mereka.


Kadang Izzan mengajak anak-anak untuk bersama-sama melemparkan batu, batang, biji, atau benda apa saja ke atap saung. Suara batu dan benda yang membentur atap dan batu-batu atau benda yang kembali menggelinding kebawah membuat anak-anak itu takjub. Kadang ada lemparan yang tidak sampai ke atap, namun malah masuk ke  kedalam  saung. Sehingga mengenai anak perempuan yang masih di dalam kelas. Ada juga lemparan anak-anak yang mengenai dinding bambu atau kayu yang keras. Kembali memantul dan jatuh kebawah.


Anak-anak begitu gembiranya dengan permainan ini. Guru-guru di sekolah tidak banyak melarang perilaku eksploratif ini. Tanpa sadar anak-anak itu belajar perubahan gaya dan pola lintasan gaya dari lemparan mereka. Mereka belajar gravitasi tanpa sadar. Bagaimana benda yang dilempar keatas, akan turun kembali ke permukaan bumi. Mereka belajar fenomena fisika dengan mengamati langsung dari alam.


Dirumah,  Izzan belajar naik sepeda roda dua. Khas gaya Izzan belajar. Dia akan belajar saat itu juga sampai bisa. Tidak peduli akan jatuh berkali-kali.  Gayanya main serobot saja, seperti  tidak memperhitungkan resiko akan jatuh atau  terluka.  Sore  itu juga  Izzan bisa mengendalikan sepeda roda duanya. Kami terpingkal-pingkal dan mengeleng-gelengkan kepala menyaksikan cara Izzan belajar sepeda yang seperti  tidak mengenal  takut dan ragu, sangat berani.


Di bulan Februari 2006, Sekolah Alam outing ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPA IPTEK) Sundial di Kota Baru Parahyangan. Kali ini saya tidak bisa mengantar dan menemani. Kabar dari guru yang saya dengar ketika menjemput Izzan disekolah, adalah bahwa Izzan sangat bersemangat dan antusias selama berada di sana. Bahkan Izzan sangat sulit diajak pulang kembali ke sekolah. Izzan menolak dengan keras untuk meninggalkan PUSPA IPTEK. Setelah dibujuk, dan dijanjikan berkunjung kembali keesokan harinya, barulah Izzan mau pulang.


Izzan mengatakan suka sekali di PUSPA IPTEK dan meminta saya berjanji kepadanya untuk kembali kesana. Sayang kesibukan  membuat saya mengabaikan kebutuhan intelektual Izzan. Saya hanya berjanji kepadanya, namun hingga bertahun-tahun kemudian kunjungan ke PUSPA IPTEK tidak pernah saya penuhi. Izzan masih mengingatkan dan menagih beberapa kali, namun kesibukan saya membuat kebutuhan Izzan menjadi prioritas ke sekian.


Di Sekolah Alam saya menjadi kordinator outing sekolah, anggota dewan kelas, dan menangani pendokumentasian kegiatan dan perpustakaan. Outing ke Pengolahan Air Limbah (Waste Water Treatment) di Bojong Soang sangat menarik buat anak-anak. Saya membawa anak-anak survey lokasi terlebih dahulu. Kolam air kotor yang dibangun diatas lahan seluas 85 ha sangat besar. Sistem pengolahan limbah secara bertahap kedalam kolam-kolam hingga menjadi air bersih kembali mencengangkan anak-anak. Mereka belajar langsung dari dunia nyata dengan melihat dengan mata, telinga, dan hati mereka. Izzan yang saat itu 3 tahun 4 bulan begitu takjub dan antusias diajak menyusuri jalan-jalan di tengah kolam yang bisa dilalui mobil. Luar biasa, air limbah yang semula kotor kehitaman, bisa berubah menjadi hijau kebiruan.


Bulan April 2006 ini, kami bersiap membawa anak-anak sekolah alam Outing ke Galeri IPTEK Sabuga ITB dan menyaksikan Teater Kubah 3 Dimensi. Umur Izzan sekarang 3 tahun 5 bulan. Kebiasaan mengumpulkan batu-batu terus dilakukannya, terutama di pagi hari. Begitu tiba di sekolah biasanya Izzan berkeliling mengumpulkan batu-batuan dulu. Itu yang membuatnya sulit mengikuti ritual pagi bersama teman di sekolah alam. Ritual pagi yang harus dikerjakan murid di sekolah adalah berdoa, hapalan ayat Alquraan, belajar membaca Alquraan dengan metode Iqro, Sholat Duha, dll. Untuk Izzan, guru akan menyesuaikan dengan gaya Izzan. Guru akan mendampingi Izzan sambil mengikuti kemana Izzan bergerak.


Izzan berkali-kali memanggil saya pagi itu. Di tasnya sudah penuh batu-batuan. Dia susah payah mengangkat tasnya. Saya yang sedang sibuk mengkoordinir keberangkatan murid sekolah ke Sabuga, memintanya untuk bersabar menunggu di bawah. Kemudian, terdengar tangisan dan teriakan Izzan yang keras sekali, memecah kesibukan dan konsentrasi saya. Diiringi suara kebingungan beberapa guru yang coba menenangkan Izzan. Guru-guru tidak mengerti apa yang terjadi pada Izzan, sehingga Izzan mengamuk. Ketika saya turun, salah seorang guru memegang tas berat Izzan yang berisi bebatuan. Seorang lainnya sedang membujuk Izzan yang menangis histeris.


Saya tersenyum geli setelah mendengar kronologis cerita dari ibu Nia, jelaslah duduk persoalannya. Izzan yang sudah mengumpulkan batuan dan memasukkannya kedalam tas, ngotot membawa tas beratnya itu ke Galeri IPTEK Sabuga. Guru-guru yang prihatin melihat Izzan yang tidak sanggup mengangkat tasnya, berniat baik membawakan tas berisi batuan itu. Atau meminta Izzan untuk meninggalkan saja tas beratnya di sekolah dan tidak usah dibawa ke Sabuga. Izzan menganggap batuan yang dikumpulkannya adalah benda yang sangat berharga. Dia tidak bersedia tas berisi batuan itu dibawa orang lain atau ditinggalkan disekolah.


Akhirnya saya memutuskan tas itu tetap dibawa, dan saya yang akan membawanya. Izzan hanya percaya sama ibunya untuk membawa tas berisi batuan itu. Begitulah, saya membawa tas berat itu dari bawah. Mendaki jalan yang menanjak menuju ke tempat parkir. Menaruhnya diatas pangkuan selama di kendaraan. Mencangklongnya selama menangani urusan administrasi. Memanggulnya selama melihat peralatan IPTEK. Menyimpannya di bawah kursi selama melihat film tentang Grand Canyon yang menakjubkan di teater Kubah. Bukan main beratnya tas itu... Izzan .. Izzan..


Saya, Bu Tati dan Pak  Isa guru musik, berniat meluncurkan sebuah album lagu hasil karangan Nanda dan teman teman sekelasnya. Anak-anak itu menulis lirik yang bagus sekali. Sehingga saya tergerak untuk meminta Pak Isa membuat melodi dan aransemen lagunya. Anak anak dari kelas satu dan kelas enam berlatih selama 2 minggu untuk  mempersiapkan rekaman album ini. Izzan juga terlibat dengan caranya sendiri. Dia mengamati proses latihan, tanpa mau ikut menyanyi. Dia mengamati para  pemain musik dan dengan lincah memainkan gitar, biola, bass gitar, gendang, dan keyboard.


Saya dan Mursid suamiku, menanggung semua biaya pembuatan album ini dari kantung pribadi. Kami ingin anak-anak terlibat  proses produksi dari suatu  karya musik. Mulai dari menulis liriknya, membantu membuat  melodi atau musiknya,berlatih bernyanyi, koreografi, membuat rancangan cover CD album, mengurus proses perekaman distudio musik, penjualan dan lain-lain. Sekalipun Izzan hapal ke 10 lagu dari album ini, namun dia tidak mau menyanyikannya saat proses perekaman di studio. Dia hanya mau melihat saja semua proses perekaman di studio “Aru” dijalan Riau.


Aktivitas Izzan lainnya selama di sekolah adalah  berada di dalam kelas-kelas yang lebih tinggi  dari kelasnya. Izzan bisa saja berada dikelas 1, 2, 3, 4, hingga berada di kelas 6. Seringnya  dia berada dikelas kakaknya, kelas 3 SD. Guru-guru tak ada yang keberatan dengan gaya Izzan yang seenaknya sendiri mau berada dimana. Kami juga tidak tahu kenapa Izzan, suka berpindah-pindah begitu, keluar masuk ke kelas-kelas yang lain.


Pernah suatu  sore, ketika akan pulang,  kami melewati kelas IV SD yang bangunannya terbuka berupa saung. Pada dinding kelas itu ada banyak  poster  berwarna dari planet planet  dalam sistem tata surya. Dengan lancar Izzan yang saat itu berusia sekitar  3 tahun 6 bulan menyebutkan satu persatu nama planet-planet yang ada pada poster. Karena saya tidak  begitu yakin apakah Izzan hanya menyebutkan nama planet  tanpa tahu planetnya yang mana, maka saya mengajaknya masuk ke dalam kelas.


Saya minta dia menunjuk nama- nama planet yang ada disitu. Ternyata dia memang mengetahui semua planet yang ada di tata surya, karena menunjuk gambar yang benar. Saat itu dia belum bisa baca, sehingga dia tidak membaca dari label yang ada. Mungkin Izzan berada di kelas ini, saat Pak Aldino guru sekolah yang dari astronomi ITB menjelaskan pada siswa kelas IV  materi tentang tata surya. Sebenarnya saya cukup heran dengan kemampuan Izzan mengenal secara detil  planet-planet dalam tata surya. Entah bagaimana cara dia mempelajarinya. Apakah dengan melihat proses belajar dikelas IV sebelumnya?.


Jika dirumah maka banyak kesibukan yang Izzan kerjakan. Kamar mandi, dapur, ruang tengah, kamar, halaman semuanya dijadikan laboratorium eksperimennya. Sofa ruang tamu sudah habis dibolongi dan sobek-sobek. Dia buka karena ingin tahu materi penyusun sofa yang bisa membuat empuk. Kursi makan rusak semua karena selalu dijungkirbalikkan, didorong, dibuatnya mobil-mobilan, kereta-keretaan dan segala macam objek fantasinya. Barang-barang dapur bisa bertebaran dikamar mandi, diruang tamu, di kamar. Karena Izzan akan memainkannya menjadi berbagai macam fungsi. `


Jika sudah bermain dikamar mandi banyak sekali yang dia kerjakan. Izzan akan menyumbat saluran pembuangan, dan menjadikan kamar mandi sebagai kolam renang. Nanti  sumbat akan dibuka mendadak dan dia akan gembira melihat pusaran air yang mengelilingi lubang saluran pembuangan. Menenggelamkan berbagai  benda ke dalam bak mandi, dan melihat semua reaksi benda-benda yang dimasukkannya. Memasukkan air ke dalam berbagai botol atau stoples dengan isi yang berbeda-beda.  Mengguncang-guncangkannya dan melihat reaksinya. Kadang memasukkan pasir atau tanah ke dalam botol berisi air dan mengguncang-guncangkannya sambil takjub melihat reaksi pasir yang mengerucut didalam botol. Banyak sekali hal-hal lain yang dilakukannya.


Di ruangan tengah, kadang Izzan mengikat tali diantara kursi-kursi. Panjang pendek tali berbeda-beda dengan ketegangan yang berbeda-beda juga. Tali itu digetarkan dengan membuat usikan di pinggir, usikan ditengah. Usikan itu  dibuat  dengan cara yang berbeda beda pula simpangannya. Izzan akan melihat semua getaran gelombang yang merambat pada tali. Semua dilakukannya atas idenya sendiri. Kami hanya membiarkan saja apa yang Izzan lakukan.


Kadangkala Izzan  membuat semacam gendang dari kaleng susu atau kaleng biskuit. Gendang itu dipukul-pukulnya dengan kekuatan yang berbeda-beda. Bunyi yang terdengar jadi berbeda-beda. Gendang itu kemudian dilapisi kain diatasnya. Maka Bunyi  yang muncul menjadi berbeda juga. Mulailah Izzan bergantian mengganti penutup  gendang dan memukulnya. Mulai dari koran, selimut, sarung, hingga bantal dia ujicobakan. Begitu bahagianya karena mendengar berbagai sumber bunyi  dengan warna yang berbeda beda. Kadang Gendang itu akan ditaruhnya diatas perut, diatas kepala, diatas dada sambil dipukulnya.


Menuang  air keberbagai wadah adalah kegiatan yang sangat sering dilakukannya. Tanpa sadar anak-anak belajar konsep dan sifat air. Bahwa air akan mengisi dan mengikuti bentuk wadah. Main pancuran air dari selang yang diputar dengan bukaan yang berbeda-beda dari keran. Tekanan air yang berbeda akibat perbedaan bukaan keran menimbulkan pola pancuran air yang berbeda. Tanpa sadar anak-anak belajar tekanan. Masih banyak  sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukannya dengan idenya sendiri. Semuanya itu dilihat dan diamatinya. Kelak dikemudian hari, eksplorasi-eksplorasi yang dilakukannya semasa dia kecil, sangat memudahkan Izzan memahami konsep-konsep fisika klasik yang dipelajarinya.


Izzan mulai malas ke sekolah. Dia mulai sering membolos, dan memilih tinggal dirumah. Akhirnya dibulan Juni, ketika usianya menginjak  3 tahun 8 bulan Izzan memutuskan keluar dari sekolah alam dengan 4 alasan yang dia kemukakan.Pertama, semua batu-batu  disekolah alam sudah dibawa pulang olehnya. Tidak ada lagi baru menurut Izzan. Saya pikir maksudnya jenis-jenis batuan yang ditemui  disekolah alam sudah  dia koleksi, sehingga dia tidak menemukan jenis batuan baru  yang menarik untuknya lagi.


Kedua, Izzan kasihan sama adiknya Fadhil. Selalu  ditinggal  sendirian dirumah sama pembantu. Padahal  de Fadhil  sudah bisa diajak main. Saat itu  Fadhil  sudah berusia 18 bulan. Ketiga, Mau melakukan pengamatan dan dirumah saja, dan dilingkungan lain. Keempat, Izzan malu tidak naik kelas. Semula saya pikir tidak masalah buat Izzan kalau dia tidak dapat naik kelas ke TK B. Namun perkiraan saya salah. Izzan  kecewa karena tidak naik kelas. Saya sedikit bingung dengan reaksinya. Karena bagaimana dia bisa naik kelas, kalau  tidak mau atau jarang sekali bisa mengikuti  kurikulum yang sudah ditetapkan. Guru  dikelas memperlihatkan pada saya laporan kemajuan belajar Izzan. Guru tersebut juga menyebutkan masalah keterbatasan komunikasi  2 arah pada Izzan. Sehingga sulit bagi  guru memahami apa yang Izzan fikirkan maupun sebaliknya.


 Saya agak bingung juga mendengar  pernyataan guru tentang keterbatasan kemampuan komunikasi 2 arah antara beliau dengan Izzan. Saya sendiri mampu memahami Izzan dengan baik. Dan tidak terfikir bahwa orang lain akan kesulitan berbicara dengan Izzan. Saya coba konsultasikan masalah ini kepada kepala sekolah. Apakah ada  kemungkinan Izzan bisa naik kelas di level yang lebih tinggi. Namun sepertinya hal ini sulit dilakukan mengingat kemampuan Izzan saat itu. Akhirnya Izzan pun kami keluarkan dari sekolah. Dengan keluarnya Izzan dari sekolah alam, maka saya pun berhenti dari aktivitas rutin di sekolah alam. Meskipun Nanda anak pertama masih sekolah disini hingga setahun kemudian, namun saya hanya sesekali datang.


Pernah saya  membeli sebuah majalah interior  pada pedagang kaki lima di Pasar Simpang. Majalah itu tidak dibuka atau dibaca oleh saya. Kami langsung ke bengkel pencucian mobil. Dua minggu kemudian, kami kembali ke bengkel itu. Saat menunggu, Izzan menunjukkan majalah yang ada dimeja, dan mengatakan bahwa majalah itu milik ibu. Saya sendiri tidak ingat  dan hapal bahwa majalah yang tergeletak itu adalah milik saya.  Izzan ngotot bahwa saya membelinya. Saya berusaha keras mengingat majalah tersebut. Perlahan ingatan saya pulih. Saya membeli sebuah majalah interior dan nampaknya tertinggal dibengkel ini.


Yang saya heran, bagaimana  Izzan bisa ingat kalau itu adalah majalah saya? karena dia sama sekali tidak  melihat dan  membuka-buka majalah itu? Izzan bilang dia tahu karena melihat bagian belakang majalah yang saya beli saat itu. Dan Izzan masih ingat gambarnya!  Izzan yang kecil nampaknya melihat bagian bawah/belakang majalah saat saya menerima dari pedagang. Saat itulah dalam hati  saya sempat terfikirkan. Bahwa Izzan memiliki suatu ingatan visual yang kuat. Sayangnya  kesadaran saya saat itu tidak cukup. Tidak memadai untuk menggerakkan saya meluangkan waktu mengindentifikasi potensi  Izzan lebih lanjut. Saya terhipnotis dengan kesibukan usaha. Tidak peka dengan sedikit tanda-tanda lompatan perkembangan yang Izzan tunjukkan.


 Bandung, 16 Agustus 2011


 Yanti Herawati




Monday, July 25, 2011

Initramfs

Mkinitrd….

Kalo di sistem operasi berbasis GNU/Linux yang lain biasanya make file initrd buat booting, kenapa slackware ga pake ya?

Monday, July 18, 2011

Cleverbot

Pernah ga ngobrol sama robot internet atau bot yang pinter?kalo belum harus nyoba deh… biar bisa refreshing dikit.. sambil belajar bahasa inggris. Cuma ya itu, kadang kadang responnya bikin jengkel…

Niih salah satunya… malah diajak married..

Thursday, July 7, 2011

Tutorial Instalasi Lyx

Selama ini orang pasti berfikir kalo mau membuat dokumen, baik itu surat, artikel, maupun jurnal harus menggunakan aplikasi dokumen semacam MS Office Word, OOo writer, LibreOffice Writer, maupun aplikasi pengolah dokumen yang bergenre WYSIWYG yang lain. Padahal menggunakan pengolah dokumen semacam MS office Word banyak menghabiskan waktu untuk formatting dan segala tetek bengek urusan yang sebenarnya tidak berkaitan langsung dengan produksi dokumen. Belumm lagi masalah kompatibilitas antara satu format dokumen antara aplikasi pengolah kata yang masih sangat jelek. Jangan ngomongin mau edit dokumen dari MS Word ke OOo Writer atau sebaliknya, dari MS Word 2007 ke MS Word 2003 aja kadang-kadang ngaco kok formattingnya… alhasil, sering kali pekerjaan tertunda gara-gara harus ngeformat ulang dokumen.. apalagi kalo beda OS misalnya dari Linux ke Windows..tambah puyeng.


Sebenarnya ada pilihan lain untuk menyiapkan dokumen, dan ini merupakan solusi lama karena sudah ada sejak tahun 70 an. Pengolah dokumen itu adakah TEX, yang berkembang menjadi beberapa varian yakni Latex, Context, dll. Nah kebanyakan pengolah dokumen itu adalah berbasis source, alias kalo ingin menyiapkan dokumen ya harus ditulis sekalian dengan kode yang mengatur formatting dokumennya. Keliatan ribet ya, iya juga sih, tapi format itu bias dipake berulang – ulang tanpa harus mengesetnya kembali untuk dokumen serupa yang lain.


Nah, untuk memudahkan membuat dokumen memanfaatkan TEX, ada Lyx yang lebih berbasis GUI, dan tidak perlu mengerti bagaimana membuat dokumen dengan TEX, yang penting semua setting tex dibantu oleh Lyx, dan tinggal bagaimana menggunakan/menulisnya saja. Permasalahannya adalah bagaimana membiasakan diri dengan Lyx dan persoalan settingan awal yang agak ribet buat nuubi….


Lalu gimana sih memasang lyx di PC? Berikut ini adalah sedikit tutorial instalasi Lyx untuk Windows XP SP3, dan varian Linux.. selamat menikmati…





  1. Instalasi Lyx di Windows

    Lyx membutuhkan pustaka Miktex untuk dapat digunakan, kenapa, karena Lyx hanya antar muka sedangkan back endnya ditangani oleh Miktex. Apasih Miktex itu? Miktex adalah port atau varian dari Latex yang jalan di MS Windows. Lalu, caranya adalah sebagai berikut :

Wednesday, June 29, 2011

Pengen Ngisi Blog kok ya... lagi suntuk banget sih.... maaf kalo posting cuma judul doang

Pengen Ngisi Blog kok ya... lagi suntuk banget sih.... maaf kalo posting cuma judul doang

Tuesday, June 21, 2011

Untuk apa aku kerja?

Untuk apa aku kerja?


oleh: Saiful Islam


Kalau ada 20 kepala ditanya, akan ada lebih 20 alasan mengemuka

Untuk apa aku kerja?

Untuk mendapatkan penghasilan yang pas. Pas ada setiap kali dibutuhkan

Itu jawaban standar.

Untuk memenuhi harapan Bapak dan Ibu, itu kata anak yang penuh bakti pada orang tua

Untuk mencukupi kebutuhan pangan, sandang dan papan anak-anakku & anak mertua.

Itu kata seorang family man

Untuk mengangkat harkat, martabat dan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Itu kata nasionalis sejati

Untuk dapat mengaktualisasi diri sebagai insan dewasa

Itu kata pembaca teory Maslow

Lalu, untuk apa aku kerja?

Adakah aku memenuhi harapan Bapak dan Ibu, sedang bertandang ke rumahnya dengan menenteng buah tangan, atau melantun doa untuknya tak sempat lagi kulakukan?

Adakah aku mencukupi harapan anak istri, sedang perjumpaan dengan mereka pun semakin jarang aku lakukan? Bagaimana aku akan merajut harap dengan mereka, sedang saat aku pergi dan pulang, mereka masih di pembaringan?

Adakah aku menjadi bagian upaya memakmurkan rakyat Indonesia, sedang dalam bekerja kadang aku mengabaikan layanan kepada mereka, atau kadang memanipulasi administrasi Negara ini?

Adakah aku telah bekerja dengan sepenuh hati, sebagai wujud aktualisasi diri, sedang dalam menyelesaikan tugas2ku seringkali setengah hati, bahkan kadangkala teman sejawat tersakiti?

Lalu, untuk apa aku kerja, jika seluruh alasan aku bekerja, tidak terwujud kan?

Apakah kemudian aku harus berhenti berkarya? Apakah aku harus menjadi pertapa di kesunyian, dengan memutus seluruh hubungan?Apakah aku akan menjadi insan tanpa berat dan masa, yang bias dibawa kemanapun arus kehidupan mengalirkan aku?

Tidak harus demikian.

Yang aku perlukan, adalah merubah secara mendasar jawaban, kenapa aku bekerja.

Kalau demikian, kenapa aku tidak meniatkan, bahwa aku bekerja karena yang menciptakan aku, bapak ibuku, anak istriku, rakyat indonesiaku, dan harga diriku, menyukai aku, bekerja dengan sungguh-sungguh.

Yahh, Yang Maha Kuasa, sesungguhnya sangat, sangat menghargai keringat, pemikiran, dan karya –karya yang lahir dari semangat dan ketulusanku.

Untuk itulah, aku bekerja, supaya Yang Maha Kuasa berbangga bahwa hambaNya telah memenuhi amanahNya.

NB:renungan dibuat Bos ane di ulang tahunnya

Sumber : http://kask.us/8324725 oleh
inkove

Thursday, May 26, 2011

Business Restructuring... Puyeng...

Abis seharian ikutan Bimtek Business Restructuring, yang dimulai sejak selasa, 24 Mei 2011, mulai puyeng nih?gimana enggak puyeng, lha wong mulai belajar ngitung manajemen keuangan yang ribet itu, ngitung PV dkk yang make pangkat itu....haduh...harus ngumpulin tenaga buat belajar manajemen keuangan lagi nih?


Kalo yang hari pertama dan kedua sih masih bisa ngikutin dengan enak, karena baru ngomong masalah manajemen strategis dan hubungannya sama restrukturisasi.


meskipun trainernya doktor dari UGM, kalo ga bisa membawakan dengan nyaman tetep aja kurang nikmat ngikutin bimteknya...

Friday, May 20, 2011

Rumus Bekerja Ala Islam

Semua pasti pernah mendengar bahwa Bekerja dalam islam adalah bagian dari Ibadah kita.Kalo dibuat rumus kira – kira jadinya begini

B = I

B = f (M,Ih,It,S,T)

Keterangan

B = Bekerja

I = Ibadah

M = Mujahadah

Ih = Ihsan

It = Itqon

S = Shabar

T = Tawakal


 

Cukup ah… Cuma iseng biar ga lupa hasil dari jumatan tadi

Sumber : khutbah jumat 20 Mei 2011 di Masjid Al Amanah, Kemenkeu

Thursday, May 19, 2011

Akuntansi = Otak, Atik, Matuk

Kadang-kadang orang berfikir akuntansi itu salah satu ilmu yang susah dipelajari, padahal sebenarnya ilmu akuntansi adalah ilmu yang sangat sederhana. Ilmu akuntansi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mencatat aktivitas ekonomi suatu entitas yang sangat tergantung dengan bagaimana entitas tersebut mencatatnya.


Kalo, ilmunya pada dasarnya ga susah, begitu juga dengan penerapan akuntansi oleh suatu entitas, ga susah kok, asal saja berpedoman dengan Standar yang telah tersedia. Selain itu, bagaimana satu standar diterapkan sangat tergantung dengan kebijakan akuntansi yang diambil entitas.


kebijakan akuntansi yang sering menjadi fokus entitas adalah kapan pengakuan suatu transaksi, apa metode penyusutannya, apa basis akuntansi yang digunakan, bagaimana pengakuan pendapatan dan belanja, apa dokumen sumbernya, bagaimana jurnal standarnya, bagaimana periodisitasnya, dll...


lalu, urusan jurnal menjurnal atau bagaimana satu transaksi dicatat dalam buku besar, jurnal dan posting, adalah kreativitas penyusun sistem akuntansinya, asal tidak menyalahi standar dan sesuai dengan kebutuhan laporan, maka boleh...


begitulah.... meskipun akuntansi itu sederhana, tetapi ketika akan melakukan implementasi, ternyata buanyaak sekali yang harus di fikirkan dan diputuskan....


so.... jangan takut dengan akuntansi...

Sunday, May 15, 2011

Harpitnas, Cuti Bersama, dan Kejadian Aneh Bin Ajaib

Kejadian aneh bin ajaib bisa terjadi hanya di Indonesia, bagaimana enggak aneh bin ajaib, keputusan untuk cuti bersama pada hari senin yang kejepit libur waisak selasanya diambil satu jam sebelum jam resmi PNS berakhir (jam 4). Ajaib toh?

Saturday, May 14, 2011

TeamDrive : Backup Gratis 2 GB

cape keilangan data data penting akibat pirus dan males nenteng-nenteng flashdisk?atau sering kehilangan flashdisk kayak saya?kayaknya perlu penyimpanan/backup data yang bisa diakses baik dari rumah maupun dari kantor?nah ada beberapa layanan yang dapat dipilih semisal dropbox, adrive, teamdrive, livemesh, dll?


tapi kalo pengen yang bisa diakses baik oleh MS Windows, Mac atau Linux mesti pinter pinter milih. Live Mesh ga mungkin bisa diakses selain Window karena emang layanan dari Microsoftnya. Lalu apa dong?yang terkenal adalah layanan dari dropbox. bisa diakses dari banyak OS dan space nya lumayan 2 GB, tapi berhubung ga bisa di akses melalui proxy kantor terpaksa nyari layanan lain yang kira kira bersahabat sama proxy.


setelah nanya alternativo akhirnya pilihan jatuh pada TeamDrive. Alasannya ya itu tadi...bersahabat sama proxy.. sampai saat ini. Selain itu portabilitasnya juga jadi pertimbangan karena harus PC rumah make Debian, dan space nya lumayan 2 GB juga. lalu gimana dong cara nya make dan melakukan backupnya? kira-kira begini deh...:


1. main ke www.teamdrive.com dan donlot installernya. Sesuaikan sama OS dan Distro yang ente punya.


2. Selesai donlot, klik kanan dan biarkan installer bekerja?khusus linux jangan lupa ubah permissionnya agar bisa di eksekusi sebagai program.


3. setelah keinstall, jalanin dan baca dulu Term of Service nya, kalo setuju klik ok/next lalu buat akun baru atau isi dengan akun anda kalo udah punya? isi username, password,sama email anda. dan isikan link ini  ke opsionalnya, jangan lupa setting proxynya jika make proxy. tunggu verifikasinya, dan jika oke maka akan dikirim link aktivasi ke email anda. klik aja, dan akun teamdrive anda akan aktif.


4. setelah itu tinggal ketik next di teamdrive softwarenya dan anda akan punya space 2 gb di teamdrive.


5. lalu, gimana caranya buat ngebackup data-data anda? kalo di linux buka folder home anda dan akan ada folder TeamDrive Spaces.tapi sebelumnya buat dulu space di teamdrivenya dengan cara ketik create dan isi nama. kalo sudah buka folder TeamDrive Spaces tadi akan ada folder dengan nama yang tadi dibuat?nah dokumen yang pengen di backup atau di share tinggal dicemplungin aja ke folder tadi, nanti teamdrive akan menguplodnya.


6. lalu gimana donlotnya?tinggal install teamdrive isi akun dan donlot dokumen anda?


7. gimana lumayan toh?


yang berminat dan merasa terbantu silakan isikan link ini ke isian di pendaftaran teamdrive agar saya dapet tambahan 250 MB..:becanda

Thursday, May 5, 2011

Membuka Oracle EBS Client Pake Debian Squeeze dan Iceweasel

Ga asyik banget sih Oracle itu, gimana tidak kok Oracle EBS Client hanya bisa dibuka pake MS Windows. terutama plugin javanya itu lho?padahal kan Servernya bisa dipasang di mesin linux juga?aneh ga?mereka bikin plugin java khusus untuk EBS nya hanya yang bisa dibuka di browser di Windows. ngeselin ga?padahal saya kan lebih enak make Debian daripada Windows.


untungnya sih java plugin bisa juga di pake di GNU/Linux system jadi ga perlu terlalu khawatir kalo pengen ngebuka EBS Client di OS Linux. yang pasti ente harus make brower yang bisa make pluginnya java JRE, dan pastikan JREnya yang terbaru.Kalo udah ada di reponya tinggal cari aja sun-java-plugin di reponya, dan enaknya Debian nyediain itu repo, di bagian non-free kayaknya?kalo udah ada di repo kan enak tinggal gunain mantra sakti apt-get install saja.
yang belum ada itu yang agak repot, harus install manual dan ngesymlink itu plugin ke browsernya.


oya, demi kenyamanan pas ngebuka Oracle EBS Client, jangan install openJDK maupun plugin openjdknya, karena emang ga disarankan oleh orang-orang yang pernah make.kalo udah tinggal setting hostnya dan buka itu oracle EBS client, dan tada.... pluginnya bisa dipake... selamat deh...



sumber :


1. http://forums.oracle.com/forums/thread.jspa?threadID=989323&tstart=0


2. http://www.blog.highub.com/linux/install-java-on-ubuntu-firefox/



Monday, May 2, 2011

Memindahkan /home dan mengurangi okupansi /

Emang ada benarnya juga untuk memisahkan partisi /home dari partisi /root kalo install linux. Apalagi yang hobi gonta ganti distro kayak saya. Biar ga repot pas pengen ganti distro, dan ga repot pas filesystem penuh gara-gara folder yang mulai penuh.


Nah untuk kasus saya, partisi yang buat instalasi kebetulan ukurannya cuma 16 GB, jadi setelah beberapa lama (3 bulanan) okupansinya udah 93% saja. Mulai penuh nih, lalu apa sih penyebabnya?ada dua penyebab besar dari penuhnya partisi /root di linux, pertama adalah folder /home yang merupakan tempat anda beraktivitas, menyimpan file dan semua konfigurasi pribadi anda, lalu folder /usr yang berisi paket-paket yang ada install, dan folder /var/cache/apt yang isinya paket-paket yang anda donload lewat apt-get dan sudah atau pernah anda pasang di sistem.


Lalu apa yang bisa anda lakukan jika partisi root anda mulai penuh?setidaknya ada tiga cara yang dapat anda lakukan, yakni :


1. Mengurangi paket-paket aplikasi yang anda install.


langkah pertama adalah mengurangi paket-paket yang anda install dan dirasa tidak perlu, semisal anda install window manager xmonad dan merasa ga cocok, nah paket -paket seperti itu yang perlu di uninstall.


gunakanlah synaptic package manager untuk memudahkan proses uninstall, dan hati-hati terhadap dependensi.


2. langkah kedua adalah bersihkan file-file hasil donlotan dari synaptic/apt-get install/aptitude (debian base system) dengan menggunakan perintah apt-get autoclean.jangan lupa sebelum dibersihkan pindahin dulu arsip paket yang sekiranya masih anda butuhkan.


untuk slackware, ada baiknya remove folder /tmp/slackbuilds yang merupakan residu dari proses kompilasi yang berdasarkan script .SlackBuilds.


3. langkah ketiga adalah pindahkan folder /home dari partisi  /, karena folder /home memakan space harddisk paling banyak. Kemarin setelah /home dipindahin ke partisi terpisah, space filesystem yang kepake berkurang setengahnya, dari 93% menjadi cuma 58%. Nah, yang agak bermasalah adalah bagaimana memindahkannya?karena harus dibuatkan dulu tautan mountingnya di file /etc/fstab, dan ini membutuhkan penanda khusus partisi yang namanya UUID. secara singkat, berikut ini adalah cara untuk memindahkan folder /home ke partisi baru :


a. Siapin partisinya dulu, format sesuai dengan yang anda suka, bisa ext3, xfs atau yang lain, asal jangan FAT32 atau NTFS ya?


b. copy semua folder /home ke partisi yang anda siapkan. Semuanya ya termasuk file-file yang hidden, agar tidak terasa kalo pindahan ke partisi baru, tentunya seleah di mount dulu. biar muda pake perintah cp -Rp aja.tunggu sampe selesai


c.  ketika udah selesai, umount folder tadi, lalu rename folder /home jadi misalnya /home.old pake mv /home /home.old


d. mount partisi yang tadi mau dijadiin /home ke /home, kaloo ga ada buatin dulu mounting poin /home


e. sudah bisa?tinggal nambahin di fstab aja, yang dibutuhkan adalah UUID dan typenya menggunakan blkid untuk mengetahuinya, kalo udah, tinggal tambahkan di fstab. contoh



UUID=b68101d8-034f-45a9-a07c-619a58d56ca4 /home           ext4    defaults

f. Setelah itu, coba reboot lah?kalo ga ada masalah dan masuk login biasa, silaken hapus folder /home.old tadi.


g. ada masalah, mounting manual dulu partisi home tadi lalu liat apa masalahnya?


oke silakan dicoba


sumber :


1. kaskus


2. milis archlinux-id

Thursday, April 28, 2011

si natty dan si l33t akhirnya rilis

minggu ini terasa lumayan istimewa karena dua distro linux besar di rilis hampir bersamaan, yah Ubuntu 11.04 Natty Narwhal dirilis hari ini tanggal 28 April 2011 dan Slackware 13.37 resmi dirilis kemarin 27 April 2011. Kalo ubuntu memang memenuhi siklus 6 bulanannya, maka ada yang agak beda dengan rilis slackware kali ini. Kode nyua, yak, kodenya memang mirip dengan istilah l33t tetapi sebenarnya itu pengkodean baru untuk slackware yang akan menyertakan potongan kode dari kernel linux yang digunakan.


nah karena rilis kali ini menggunakan kernel 2.6.37, maka kode Slackwarenya jadi 13.37.


Khusus untuk ubuntu, rilis si natty ini merupakan kata perpisahan untuk DE GNOME, karena meskipun memakai komponen GNOME, tetapi si natty memakai unity sebagai DE resminya.


masalah perubahan paket dan segala macem silaken main ke web resmi masing masing...


monggo

Monday, April 18, 2011

xmonad

gara gara dwm dan wmii, akhirnya kepengen juga nyoba xmonad, apalagi om E2.GAL pernah showoff desktopnya yang pake xmonad. tapi sempet mikir dulu pas mau install di Debian, karena space HDD yang dibutuhkan lumayan cing. Lebih dari 500 MB untuk Window Manajer yang cuma bergenre tiling...haduh... coba bandingkan sama XFCE 4.8 yang cuma kurang dari 50 MB source code atau dwm yang cuma 2000 SLOC.


xmonad gendut karena memang membutuhkan kompiler khusus buat kompilasi haskell nya, karena memang xmonad dibangun dengan menggunakan bahasa haskell.


pas nyoba, sebenarnya ga beda jauh sama make dwm atau wmii, cuma kalo di dwm workspacenya keliatan ada 9, di xmonad ga ketahuan, pindah antar workspace pake keybinding mod-1 sampai mod-9.


oke sekian dulu, keburu hujan nih...

Sunday, April 17, 2011

Hujan yang Deres Banget dan UN

wah hujan nya deres banget nih, tapi berhubung malem senin jadi ga bisa nyanyi hujan di malam minggu yang sempat kesohor itu...


liriknya kayak gini...


Hujan Di Malam Minggu


Hujan di malam minggu


aku tak datang padamu


Bukan aku tak mau sayang


hujan di malam minggu 2x


Tanjung katung airnya biru


Pantai jernih indah lautnya


Terkatung-katung menunggu-nunggu


aku bercermin untuk siapa


Terkatung-katung menunggu-nunggu


Aku menyanyi lagu merana


Aku menunggu sampai jam satu


Namun kau tak datang juga


Mana janjimu mana sumpahmu


Yang s’lalu kau ucapkan dulu


Katanya gunung akan kau daki


Lautan luas engkau sebrangi


Tapi mengapa karena hujan saja


Engkau takut dan batalkan janji


Aku telah berjanji,berjumpa dimalam itu


Tapi aku tak datang sayang,


hujan di malam minggu 2x


Hujan di malam minggu,


engkau tak datang padaku


Bukan aku tak mau sayang


hujan di malam minggu 2x


Tuesday, April 12, 2011

KRL Sudirman Express 12 April 2011

Hampir saja perjalanan KRL Sudirman Express jurusan Serpong-Sudirman terhenti gara-gara ada pengendara motor yang ceroboh menerobos rel kereta ketika KRL mau lewat di stasiun Kebayoran.


dan beruntungnya, KRL masih sempat berhenti dan tidak menabrak si pengendara, meskipun tadi terlihat pengendara motornya jatuh dan pingsan.


Wednesday, April 6, 2011

Ngeblog Pake MS Office 2007

MS Office 2007 punya satu fitur yang bias digunakan buat ngeblog, tampilannya sangat mirip dengan tampilan ribbonnya MSO standar buat ngetik artikel dan lain-lain..Cuma lebih sederhana dan ada tambahan 5 button baru yakni publish, home page, instert category, open existing, dan manage account, seperti gambar berikut ini :



 


 


 


 


 


 


Lalu, bagaimana ngeblog make MSO 2007?berikut ini car-caranya secara ringkas :





  1. Harus install dulu dong MSO 2007 nya, terserah untuk Window atau Mac boleh, pake linux juga boleh, yang penting ada.


  2. buka MSO 2007 Writernya dan buat dokumen baru dan pilih blog post.


  3. Nah silakan anda buat tulisan yang akan anda posting ke blog anda termasuk kalo anda ingin memasukkan gambar. Tapi ingat, gambarnya kalo besar biasanya memperlambat waktu posting.


  4. Tapi sebelum itu ada baiknya anda setting dulu akun blog anda lewat menu Manage Account.Lalu isikan provider blog anda, seperti kalo make wordpress, terus isikan alamat web blog anda beserta user account dan passwordnya. lalu tekan oke apa lookup..:o/ agar MSO 2007 Writer mengecek account anda di blog providernya.





  5. jika sukses, maka anda dapat memasukkan kategori yang ada di blog anda melalui menu insert category, anda juga dapat melakukan editing atas posting blog anda melalui menu open existing, maksimal 20 posting terakhir kayaknya.


  6. Terakhir, jika sudah puas, silakan  publish dan tunggu sampai ada notifikasi sukses dari MSO 2007 Writer anda.


Semoga bermanfaat... wassalam

Tuesday, April 5, 2011

Belajar Oracle EBS

Belajar Oracle EBS emang susah juga ya…


Dua hari training EBS yak ok susah bener.. padahal Cuma belajar dari modul purchasing sampai G/L kok..


Dari belajar integrasi antara Modules Purchasing sama modul financial yang terdiri atas G/L, AP, AR, CM.


Nah yang jadi masalah, baik tampilan maupun isi dari oracle EBS memang amat sangat ribet…:o/


Untuk setup saya memang lumayan jika ga dibilang susah, tiap modul punya spesifik setup, dan punya keunikan masing masing..


Yah begitulah… makasih..:o/

Friday, March 25, 2011

SMS-an Gratis via Gmail

Google emang ga ada matinya, inovasinya bermunculan terus.Salah satu yang paling terkenal tak lain adalah Android, Gmail, dan Youtube

Tapi,layanannya tak hanya itu ternyata, masih banyak layanan-layanan google yang dapat digunakan untuk mempermudah berkomunikasi dengan sesama. salah satunya adalah layanan sms gratisnya yang menyediakan free sms 50 buah tiap hari(ga kayak iklan IM* yang bilang dapat 50 SMS tiap hari tapi harus pulsanya diatas 5 ribu). yang diperlukan hanyalah akun gmail dan terhubung internet tentunya..:D

Nah, layanan ini baru menemukan saya (baca: saya tahunya baru hari ini, dan nyoba ke IM3 dan berhasil), tetapi tepatnya kapan rilis saya ga tahu.

selain mengirim, ternyata SMS ini bisa juga digunakan untuk chat dengan SMS dengan provider GSM, enak to?pas ga punya pulsa mending memanfaatkan yang ada.

lha caranya gimana?tinggal masuk ke gmail, dan cari diatas gchat ada tulisan send sms.



Isi nomor hp yang mau dikirimi sms dan enter, lalu kasih nama alias.



lalu save, dan akan muncul jendela gchat dengan nama alias yang tadi anda masukkan.



Nah, tinggal tuunggu ballasan saja, tapi mending minta balas ke nomor hp saja, karena kalo dari gsm ke gmail mungkin gagal,kayak dari nomor saya ke gmail gagal. atau minta dia chatting via gmail juga bisa tho?

nah... manfaatkan yang tersedia, jangan disiasiakan...

selamat mencoba..

PS.. tapi sayangnya cuma bisa ke telkomsel dan indosat :menangis: deh..
link

Thursday, March 24, 2011

10 Linux Desktop Modder Gallery ala kaskus.us

Siapa yang merasa ga mau nyoba distro GNU/Linux karena tampilannya yang ga enak diliat harus melihat desktop desktop hasil modifikasi teman-teman di forum kaskus.us deh, yang di fasilitasi di Kaskus Linux Desktopoholic Club yang diasuh oleh skystrife. Nah, berikut ini adalah 10 galery desktop linux hasil modifikasi para kaskuser yang menurut saya paling oke dan unik, silaken menikmati...

1. iBuntu by freeazy

Monday, March 21, 2011

wmii dan dwm

Setelah puas mencoba beberapa DE/WM berbasis static windows semacam KDE dan GNOME, kepengen juga nyoba window manajer yang dinamic dan tiling, biar membiasakan diri ga make mouse. selain itu, penasaran juga liat om tuxo dan maman.lalilu yang enjoy aja menggunakan linux hanya dengan menggunakan wm yang minimalis dan lebih banyak menggunakan keyboard. akhirnya dicoba deh satu satu rekomendasi dari berbagai sumber, sampai akhirnya terdampar di websitenya suckless.org yang memang fokus pada pengembangan software2 yang bercitarasa unix. salah duanya adalah dwm dan wmii.

keduanya adalah window manajer yang bersifat dinamis, dan sangat menonjolkan pengunakan sumber daya yang ringan, tetapi tetap mudah digunakan. perbedaan keduanya ada di filesystem yang digunakan, dwm hanya wm sebagaimana wm wm yang lain, sedangkan wmii menggunakan filesystem virtual yang diadopsi dari plan9 dari bell lab atau plan9port.

Lalu apa bedanya dengan WM atau DE yang statis sih?yang paling pasti adalah tampilan dan cara penggunaannya yang berbeda 180 derajat. Jika WM/DE statis semisal KDE atau GNOME menggunakan si tikus (mouse) sebagai sumber navigasi utama, maka wm dinamis lebih memanfaatkan penggunaan papan ketik (keyboard) untuk mengakses dan menggunakan sistem. makanya, jangan heran kalo pertama kali make wmii maupun dwm saya sempat terkaget kaget karena layar monitor yang dihadapin cuma item dengan satu panel kecil... mau di ketik apa terus bagaimana buka aplikasinya juga ga ngerti. terus masalah tampilan menjadi pertimbangan ketika mau menggunakan dinamis wm adalah wm jenis ini ga mempermasalahkan desktop ente cihui atau ga, yang pasti layar monitor ente dipenuhi sama layar-layar paket yang kebuka. meskipun masih ada celah buat modding sih...

lalu kalo kepengen menggunakannya gimana dong?berikut ini adalah sedikit hasil dari memakai kedua wm ini :

1. install dulu dong?

buat yang make debian squeeze cukup ketikkan apt-get install dwm wmii 9base suckless-tool

kalo buat slackware 13.1 silakan cari skrip slackbuildnya di slackbuild.org, download semua kebutuhannya lalu install satu-satu menggunakan skrip slackbuids tadi.

yang lain, monggo merujuk wiki masing-masing distro, tapi sebagai permulaan tidak ada salahnya main-main ke situsnya Arch sama Gentoo yang terkenal paling oke dokumentasinya.

2. sesudah install, tinggal pake sih, tapi buat dwm, bikinin entry di xinit.rc agar muncul di menunya gdm. sedangkan wmii langsung ada kok.

kira-kira tambahin scrip ini di file /etc/X11/xinit/xinitrc

while true

do

xsetroot -name "$(date +"%a %b %d %r")"

sleep 1s

done &

exec dwm

tentunya sebagai superuser baru bisa ngedit ini file. atau bikin file dwm.desktop yang letaknya di /usr/share/xsessions, isinya kira kira begini

[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Type=XSession
Exec=dwm
TryExec=/usr/bin/dwm
Name=DWM
Comment=DWM window manager

3. sebagai pendamping buat eksperimen memakai wmii maupun dwm, ada baiknya ditemani sama howtonya masing-masing wm, kalo wmii, howtonya ini wmii bisa jadi rujukan, sedangkan buat dwm, tutorialnya suckless bisa dicoba dwm-suckless,atau howtonya xsnake, juga ga kalah bagus kok.

4. setelah persiapan oke, tinggal logout, terus pas login pilih wmii atau dwm. nah kalau sudah masuk dan membuka aplikasi semisal terminal atau web browser tampilan seperti ini kira-kira



wmii

terakhir, silaken mencoba sesuai dengan tutorial tadi di siapkan dan di print.

Friday, March 11, 2011

TPBE Menang lawan Korea Selatan (LG-CNS)

Wow gara-gara rel Kereta Api yang patah di daerah Bintaro, ga jadi deh ikutan main dalam laga liga futsal SPAN antara tim TPBE versus Tim LG-CNS 2 yang diperkuat pemain impor asal negeri ginseng. padahal sudah berangkat lebih pagi kok tetap ga nyampe juga.Duh jadi nyesel nih ga menyaksikan perjuangan temen-temen agar bisa terhindar dari pertemuan dengan tim Bussiness Owner yang notebene adalah kumpulan pemain-pemain bola terbaik di kantor pusat.


Nah, masalahnya untuk bisa menghindari bertemu tim BO di perempat final, tim TPBE harus menang minimal 19-0, karena kemarin seri lawan tim DJA 2 5-5, sedangkan tim DJA2 menang 18-0 waktu main melawan tim LG-CNS2.


Akibat kekalahan besar tersebut jugalah, tim LG-CNS 2 mendatangkan pemain impor dari Korea Selatan (tepatnya waktu lawan DJA2 si pemain impor ga ada), dan tim TPBE sedikit memandang enteng pertandingan ini.


Akibatnya, meskipun menang, tapi sempat berjalan alot katanya, dan kebobolan 7 gol gawang tim TPBE yang dijaga arif.k dan windasena.winarno secara bergantian.


Hasil akhirnya tim TPBE menang atas tim Korea Selatan (ups salah tim LG-CNS2) dengan skor akhir 15-7 dan akan menantang tim BO di babak selanjutnya.


Pelajaran yang diperoleh adalah kita tidak boleh menganggap remeh atas sesuatu yang saat ini terlihat tidak baik/kurang baik, ada kemungkinan dilakukan perbaikan setelah kejadian jelek tersebut.


oke.. selamat siang..laporan selesai

Monday, March 7, 2011

Debian Squeeze Poor Man Install

Nasib... nasib...jadi poor man memang ga enak banget...mau install Debian Squeeze aja jadi kesusahan.

Definisi poorman disini adalah PCnya ga bisa bootin lewat USB port, dan ga ada Floppy sama ga ada CD/DVD ROM.

Jalan satu-satunya ya harus install lewat partisi Harddisk dong.. dan untungnya Debian menyediakan pilihan itu.

Lalu gimana sih langkah-langkah poorman install Squeeze, em.. minimal kayak gini deh...:

1. Prasyarat poorman install

- udah ada OS nya sebelumnya dan berfungsi

- ada satu partisi khusus buat menmpung file ISO dan bootnya.

- download vmlinuz dan initrd.gz khusus buat hd install dari sini hd-media

2. format dulu partisinya, janga lupa di buat bootable terus copi file iso dan vmlinuz plus initrd.gz ke partisi tadi, jangan lupa buatin folder boot buat nampung tiga file tadi.

oya lupa, katanya wiki.debian LiLo ga mau booting dari NTFS, jadi jangan dformat NTFS ya?

3. edit file /etc/lilo.conf atau /boot/grub.cfg buat nambahin partisi tadi.

kalo udah coba di update lilo sama grubnya.

kalo lilo cukup ketik lilo, kalo grub ga usah diapa-apain.

3. udah itu silakan reboot... nah muncul ga di layarnya lilo sama grub?pilih pilihan booting yang barusan kita buat dan silakan lanjutkan instalasi seperti biasanya...

semoga berhasil...

sumber :

Pengen Install Debian Squeeze Tapi PC Bermasalah

Gimana sih rasanya jika ada satu distro favorit anda yang kepengen dicoba install di PC terus pas sudah rilis tiba tiba PC anda bermasalah?rese banget kan?

Lha itu yang terjadi padaku?pas Debian Squeeze rilis, PCnya lagi bermasalah, BIOSnya ga mau booting dari USB lha, yang DVD ROM nya bermasalah?akhirnya harus nyari alternatif lain buat install tuh Debian Squeeze.

Salah satu caranya adalah lewat Harddisk install yang lebih cocok dengan netinstall kayaknya. Nah berhasil, tetapi saya salah karena menghapus partisinya si Slackware. Akibatnya ya Cuma item putih tok layarnya karena memang ga ada X dll. Waduh.. gimana dung?mesti cari cara lain buat installasinya nih…

Tuesday, February 22, 2011

Mengubah Tema GDM3

Bosen sama tampilan gdm3 yang itu -itu aja?kayak defaultnya squeeze yang kayak gini?


Monday, February 21, 2011

LiteStep

Litestep merupakan shell replacement program yang dapat digunakan untuk menggantikan explorer.exe sebagai shell default anda di windows. dan jangan khawatir karena Litestep merupakan aplikasi freeware serta memiliki pengguna yang lumayan banyak. Themes-themes atau skin nya juga banyak tersebar di internet, serta kalo pengen mencoba membuat themes sendiri juga tidak dilarang. Nanya di forum-forum juga oke kok.Lalu bagaimana menikmati shell ini? inilah caranya :

1. Download dulu installernya disini litestep, lalu jalankan seperti halnya menjalankan installer windows yang lain.

Saturday, February 19, 2011

Mempercantik Windows XP dengan Menggunakan Shell Replacement

Bosen sama tampilan Windows XP anda yang biru nyebelin?pengen nyoba 7 ga cukup?mo nyoba linux takut?terus gimana dong? ada beberapa cara kok, salah satunya make shell replacement program buat ngegantiin explorer yang gitu-gitu aja. Lalu shell replacement program tuh apaan aja? setidaknya ada 6 paket yang dapat dipake dan lisensi nya free software antara lain :

1. LiteStep

2. Emerge Desktop

3. GeoShell

4. SharpEnviro

5. bblean

6. ldex

untuk yang komersial antara lain :

1. Aston

Tuesday, February 8, 2011

nyoba posting gambar pake gnome-blog

wow ternyata salah, gambarnya drag en drop.. sekalian di edit ah..


___________________________________________________


tapi tetap ga keluar di blog, apa masalah komunikasi ya...?

Ngeblog Makin Asyik Pake Gnome-Blog dan Blogilo

Ga kalah sama client twitter yang lagi menjamur sperti gwibber, twitux, atau twitter client lain yang berbasis adobe AIR, ngeblog pun makin mudah dengan adanya blogger client semacam gnome-blog, blogilo, maupun choqok. bahkan ada lho blog client berbasis bash yakni bashblogger walapun kayaknya ga diterusin pengembangannya.


Nah, setelah kemarin/dinihari tadi ngeposting pake blogilo tentang SLiM pake Blogilo, maka kali ini ngeposting make gnome-blog.


Sedikit reviu tentang kesan pertama make kedua blog client ini adalah satu wah (blogilo) satunya minimalis (gnome-blog).


Memang sih, fitur dan segala kelengkapan buat format blog sangat berlimpah di blogilo, bisa nambahin gambar juga. kalo gnome-blog, simpel banget, dan cuma ada lima opsi di antar mukanya.


jadi, tergantung bagaimana anda mau ngepostnya, dan kebiasaan make KDE apa GNOME, karena kedua blog client ini bagian dari masing-masing proyek.


lalu bagaimana cara makenya?kalo install kan udah biasa ya?tinggal klak-klik, atau ketik-ketik dikit, sama download source dan ketik dikit.


Untuk memakai kedua blog client ini langkahnya sebagai berikut ini :


1. setting dulu blog anda di settingan blogilo maupun gnome-blog, terus kalo udah tinggal dioke. Mudah kok, kalo gnome-blog ada di Preferences, kalo blogilo ada di seksi Blog.


contoh



sama ini juga gnome-blog



2. setelah itu, tinggal ketik-ketik postingan anda, buat sebagus mungkin, dan kalo  bisa ditambahkan gambar,  edit htmlnya.


3. setelah oke, tinggal posting pake tombol Post Entry (gnome-blog) atau submit (blogilo), silakan tunggu.


4. kalo untuk gnome-blog mesti di edit sedikit, karena saya ga bisa setting formatnya agar rata kedua sisi..


begitulah... happy blogging...


sumber :


1. gnome-blog


2. blogilo

NB : artikel ini bisa dibaca disini 

SLiM, Login Manager Penggganti GDM/KDM/XDM

Pastinya para pengguna linux ga akan bisa lepas dari paket satu ini,yakni display manajer, kecuali yang ga perlu GUI.Fungsi utamanya login manager adalah untuk menampilkan antar muka grafis buat milih user pas login atau pas pengen jadi user lain.Nah,paket jenis ini termasuk rare item di lingkungan FOSS yang dipake di GNU/Linux karena memang tidak terlalu banyak berhubungan sama user. Berikut ini adalah  tiga login manajer yang terkenal, yakni :



1. XDM =display manager paling sepuh, setua X sendiri karena memang bagian dari X dan dbuat pada tahun 1988.Berikut cuplikan dari wikipedia :


XDM (in full, the X Window Display Manager) is the default display manager for the X Window System. It is a bare-bones X display



manager. It was introduced with X11 Release 3 in October 1988, to support the standalone X terminals that were just coming onto the market. It was written by Keith Packard.


Because of its lack of user-friendliness, users of GNOME, KDE, Enlightenment or Window Maker tend to use GDM, KDM, Entrance or wdm instead of XDM.

2. GDM = Gnome Display Manager, bawaannya GNOME.

3. KDE = bawaannya KDE.

4. yang lain kayak Entrance (bawaannya E17), wdm (windowmaker), lxdm (lxde), belum terdengar gaungnya alias jarang dipake karena memang KDE yang paling dewasa saat ini KDE yang punya KDM dan GNOOOOME yang membawa GDM sebagai default display manejer.

Tapi ga ada salahnya kok, install display manajer lain, buat sekalian iseng, akan tetapi ada beberapa persyaratannya , yakni :

1. ketergantungan sama DE nya dan library khusus DE tersebut, rendah atau bahkan independen. Contooh= kalo ga pengen install KDE dan atau paket yang tergantung sama QT/KDElib/KDEcore, ya jangan sekali-kali install KDM karena bindingnya KDE kan lengket banget.

2. pastikan mudah konfigurasinya, misal :buat ngeganti tampilannya,dsb dsb..

3. pastikan dokumentasinya lumayan dan baca dulu...

4.pastikan ada yang make...

Nah,salah satu alternatif itu adalah SLiM alias Simple Login Manager, independen, dependensinya garewel, dan mudah di konfigurasi. Lalu, cara installnya bagaimana?Tergantung masing-masing distro dong, antara lain:

1.buat arch

pacman -S slim

2. buat debian dan turunannya

sudo apt-get install slim

atau lewat aptitude/synaptic juga boleh..

3. buat Slackware :

cari dulu skript dan sourcenya di slackbuild.org, lalu install dengan cara biasa :

ekstrak dulu skriptnya

terus ketik

./slim.SlackBuild, tunggu sampai selesai, terus ketik

installpkg /tmp/slim* buat installnya.

apakah udah beres?ternyata belum (khusus slackware ya, tapi arch juga), harus di konfigurasi dulu SLiMnya sbb:

1. edit dulu file /etc/rc.d/rc.4, dan tambahin ini di atas punyanya gdm


# Try to use SLiM login manager.  This comes first, because if SLiM is

# installed, then the user probably wants to use it by default:

if [ -x /usr/bin/slim ]; then

exec /usr/bin/slim

fi


2. edit file /etc/slim.confnya biar bisa mejeng dikit, terutama dibagian ini :


current theme, use comma separated list to specify a set to

# randomly choose from

current_theme       default




ganti defaultnya dengan thema-thema yang bisa didapat di sini http://slim.berlios.de/themes01.php.

contoh, saya make thema Flat, edit jadi seperti ini

current_theme       flat



3. edit juga bagian slim.conf yang ini, untuk mengatur windowmanager yang ada di .xintrc agar tampil dan dapat dipiih (pake F1). yang duluan yang jadi default. misalnya punya saya:


# Available sessions (first one is the default).

# The current chosen session name is replaced in the login_cmd

# above, so your login command can handle different sessions.

# see the xinitrc.sample file shipped with slim sources

sessions          gnome,pekwm,wmii




oke deh, silakan logout atau reboot...

dan beginilah jadinya....



Saturday, February 5, 2011

Postingan Pertama Pake Lynx

wow ternyata bisa juga membuat postingan blog di wordpress pake Lynx, padahal ada masalah sama SSLnya, dll.. tapi yang penting masih bisa juga kok..kan yang penting bisa posting. Lalu gimana ceritanya kok make Lynx buat ngenet? lha ini masalahnya kalo make Slackware sebagai OS, ga bisa berhenti mencoba-coba, ya software ya modding desktop,atau nambah DE. Nah, Slackware kan ga kayak distro linux lain yang punya manajemen paket paket yang yahud kayak aptnya Debian, yum nya redhat, atau yastnya opensuse. Slackware cuma punya pkgtool dan slackpkg sebagai manajer paket yang tidak menangani masalah dependensi. Pkgtool lebih buat install di local, slackpkg buat sekalian update.


nah, karena itulah nambah paket itu jadi masalah tersendiri buat yang make slackware, karena mesti inget apa aja yang udah di install, apalaagi kalo installnya langsung dari kode sumber dan ga pake bantuan skript .SlackBuild.



Masalah juga datang kalo kepengen nambah DE, GNOME misalnya?Karena defaultnya Slackware itu make KDE sebagai DE utama, sama XFCE. kalo pengen ngerasain GNOME di Slackware harus nambah sendiri pake GSB,kompilasi sendiri dari sumber, atau kompilasi sendiri dari kode sumber dengan bantuan skrip SlackBot. Nah, karena saya sukanya GNOME, iseng-iseng nyoba ngebangun GNOME di Slackware64 13.1 saya dengan bantuan skript SlackBot. Berhasil memang, tapi pas pengen upgrade system, jadi berabe,daripada ribet paket ga jalan, saya uninstall semua paket tambahan pake perintah slackpkg clean-system, baru di upgrade. Nah karena itu tampilan GUInya ilang semua, lalu yang tinggal ya yang basisnya teks alias CLI termasuk ini lynx. Karena pengen ngenet, terpaksa make juga lynx.


iseng-iseng,nyoba bisa ga buat ngeposting di wordpress? ternyata bisa, meskipun rada ribet pas login. tapi kalo buat di forum yang butuh image verification kayak kaskus, ya pasti ga bisa.main pesbuk juga bisa, tapi juga sama tulisan semua.
Begitulah postingan saya selamat menikmati...

Sunday, January 23, 2011

Sit In

Sit In


by faihanahikarifirdaus


Sungguh luar biasa…. Subhanallah…. Waktu telah berputar dengan pasti…. Tak terasa jundi-jundi semakin besar… Amanah yang diemban pun semakin banyak, berat dan kuat…. Tapi keyakinan akan sebuah amanah itu tetap ada, sesuai dengan kemampuan hambaNYA.


Fathi, terasa baru kemarin Sang pangeran kebaikan itu terlahir. Suara tangis lirihnya mengiang di telinga, walau tanpa didampingi sang abi…. Abi juga lagi berjuang,demi masa depan semuanya, ya…abi waktu itu lagi UTS (ujian tengah semenster). Terlahir di Solo dengan dukungan doa dari Jakarta…. Ya….. perjuangan dengan kerelaan….


Fathi tumbuh dalam asuhan ummah dan abinya. Sampai usia sekitar satu tahunan, Fathi selalu didampingi ummah  dan abinya siang malam. kala itu abi sedang kuliah, sehingga waktu untuk Fathi lebih dari cukup, sehingga Fathi begitu dekat dengan abinya….


Dua tahun lebih tidak terasa….. Sekarang Fathi tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas, dan sangat manja….. Dalam kemanjaannya, Fathi adalah anak yang hebat, Fathi cenderung mandiri…anak yang manis walau sering kali jahil terhadap adiknya. Anak yang sopan walau terkadang slengekan ga karuan. Anak yang halus walau seringkali meraung-raung,he….


Agustus tahun ini Fathi akan memasuki usia yang ke 3 tahun, Insya ALLAH.  Persiapan terhadap tumbuh dan kembangnya Fathi mulai terpikir dengan lebih serius dan cermat.  Asumsi-asumsi kebutuhan Fathi akan masa depan mulai terpikirkan sempurna…. Akan dibawa ke mana sang generasi pujaan ini…..


Fathi adalah Fathi…. Fathi yang akan menentukan langkahnya sendiri. Kewajiban kami sebagai orang tua adalah memberi bekal…. Mampu tak mampu adalah usaha… Kami tak kaya walau selalu ada mimpian… Dan kami yakin kami dan Fathi akan menjadi kaya… Kaya jiwa dan pendukungnya…..


Fathi, ummah abi akan berikan yang terbaik… Semoga Allah melancarkan dan mempermudahkannya….


18 Januari 2011, Fathi harus mengikuti sit ini di sekolah alam bintaro, untuk menentukan kelayakan walau usianya kurang satu bulan dari batas masuk playgroup b, tapi usia toleransi selalu dicoba….


Ya…. sit in 2 hari dilakukan. Hari pertama Fathi menangis selama di kelas, sesekali diam. Dalam tangisnya Fathi masih mau bermain dengan guru dan temannya.


Hari kdua, Fathi sempat tidak mau masuk ke dalam kelas. dengan diantar abi masuk kelas, akhirnya Fathi menjalani perrmainan dan belajar dengan teman dan gurunya. Dalam tangis lagi… Tapi kali ini tidak terlalu lama, Fathi mulai merasa menikmati, walau terkadang diselingin tangisan kembali…


Waktu Outbond datang… fathi mengikuti guru yang menggadengnya ke tempat Flying Fox, fathi diam, dipasang sabut pengaman diam… Huuuaaaaaaa…. ada temennya yang menangis, lama… Fathi masih terdiam… karena nunggu giliran terlalu lama dan temennya ada yang menangis juga ,akhirnya….huuaaaa……. “abi…abi…abi….”


Akhirnya giliran Fathi untuk Flying fox datang juga. Fathi tidak mau dipasang tali pengaman, gantungan dipegang agar tidak bisa dipasang sang guru… Anak cerdas,he… setelah dibujuk-bujuk, tali terpasang juga, tinggal meluncur saja….awalnya Fathi tidak mau memegang talinya, gurunya membujuk agar talinya dipegang biar Fathi tidak merasa sakit… Dan akhirnya……3…2…1…. Go……. Cuuuuuuuuuuuttttttt…Berhasil…berhasilllll…… Diulang sekali lagi………Go……. Cuuuuuuuuuuuttttttt……… Great boy…….


Kau hebat nak…. Moga ini menjadi pertanda kesuksesanmu kelak…. Teruslah berusaha dan berdoa… Terus….. Terus dan pantang menyerah…. lakukanlah semua untuk Tuhanmu…. Kau akan berhasil nak…. Amin…….


*deg-degan menanti hasilnya….. Dimana pun kau akan bermain dan belajar kau akan tetap menjadi anak yang sholih dan cerdas, Insya ALLAH… Kata tante Hani : “matanya itu lho…. CERDAS….” Smoga ALLAH selalu memberikan yang terbaik untukmu nak……. Amin…..


sumber : faihana

Thursday, January 20, 2011

Mempercantik PekWM

siapa bilang dekstop sederhana yang hanya memakai window manager ringan kayak PekWM ga bisa dipercantik?bisa dong, ga harus make gnome atau KDE atau enlightment buat tampil cantik. Pake PekWM pun desktop linux anda juga dapat tampil cantik kok. Dengan sedikit usaha lebih sih dibandingkan jika ingin memodifikasi tampilan GNOME maupun KDE.


Setelah selesai melakukan konfigurasi PekWM, dan bisa masuk ke pekwm, sekarang tinggal tugas anda adalah mempercantiknya sehingga tidak terkesan buram dengan warna hitam dan tanpa ada ornamen-ornamen.


Jika rumah dipercantik dengan ornamen-ornamen berupa lukisan, hiasan dinding, tanaman hias, dll, maka desktop linux apapun pilihan DE/WM nya juga punya ornamen-ornamen yang bisa digunakan agar desktop anda secantik rumah anda.


Unutk pekwm, ada beberapa aplikasi yang bisa menjadikan dekstop anda penuh ornamen:


1. nitrogen


karena pekwm hanya window manager, maka tidak dapat menampilkan wallpaper tanpa bantuan paket lain. nitrogen adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menampilkan gambar favorit anda sebagai kertas dinding dekstop linux anda. berikut ini adalah penampakannya..


Cara installnya sebagai berikut :


a. buat debian dan turunannya


pastikan repository anda benar, dan terhubung internet atau ada DVD reponya. Lalu ketikkan


 



sudo apt-get install nitrogen

tunggu sampai selesai prosesnya.


b. buat Arch linux tinggal ketik :


 



pacman -S nitrogen

c. buat slackware dan anak turunannya, cari dulu  skript SlackBuild nya di Slackbuild.org sekalian source code nitrogennya,lalu ekstrak skriptnya, dan pindahkan source code nitrogen ke folder hasil estrakkan tadi, lalu ketik:


 



cd ./nitrogen

./nitrogen.SlackBuild

tunggu sampai selesai dan terbentuk file nitrogen.xxx.tgz di /tmp.


lalu tinggal install dengan perintah :


 



installpkg /tmp/nitrogen*

2. tint2


nah ini dia salah satu paket paling bermanfaat untuk pekwm yang ga punya panel. installnya sama kayak nitrogen. terus cari skript konfigurasi tint2, untuk mempercantiknya, salah satu yang paling oke adalah tint2 brit. Ekstrak dan taruh tint2rcnya di folder /home/user/.config/tint2. bisa juga pake konfigurasi kreasi anda sendiri.


tint2


3. cari tema - tema yang cantik buat pekwm.


Tema buat PekWM memang jarang yang buat, tapi bisa di cari di www.box-look.org. Tema hanya mengatur tampilan  dasar seperti warna dan bentuk button. seperti ini:



4. install conky. buat memonitor system dan mempercantik tampilan desktop. agar lebih oke jangan lupa instal lua dulu sebelum install conky agar tampilannya ciamik. Contoh :



5. install lxappearance biar bisa mengganti gtk iconnya. contoh :



hasilnya ... masih cupu...



catatan :


gambar conky dan lxappearance dapet nyomot dari sini dan sini


ups lupa, satu lagi nih, butuh shortcut application, dan nemu wbar

, ada kok di slackbuilds.org, jangan lupa install wbarconf

buat mempermudah setting wbarnya..

NB : terinspirasi dari tritnya bang ellazul tentang openbox, dan ternyata dapat juga kok di terapkan pake pekwm